KONSULTAN BABY SHOP
AHLINYA, +62 813-9864-6177, KUALITAS PRODUK VS KEPUASAN PELANGGAN
Produk Lokal Adalah,
Produk Lokal Terbaik, Produk Lokal yang Mendunia, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta,
Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di
Jakarta
Kualitas Produk VS
Kepuasan Pelanggan - Kualitas produk sebagai driver dari
kepuasan pelanggan sudah lama diyakini. Setidaknya, lebih lama dibandingkan
dengan keyakinan terhadap kualitas pelayanan sebagai driver kepuasan pelanggan.
Kualitas produk adalah driver kepuasan pelanggan yang multidimensi. Bagi
konsumen, kualitas mempunyai beberapa dimensi. Paling tidakm terdapat 6 dimensi
dair kualitas produk yang perlu diperhatikan oleh setiap produsen yang ingin
mengejar kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk.
1.Dimensi pertama adalah
performance.
Ini
adalah dimensi yang paling basic dan berhubungan dengan fungsi utama dari suatu
produk. Konsumen akan sangat kecewa apabila harapan mereka terhadap dimensi ini
kurang terpenuhi. Siapa yang Tidak kecewa saat membeli AC jika ternyata kurang
dingin?
2.Dimensi kualitas produk
yang kedua adalah reliability.
Dimensi
performance dan reliability sepintas terlihat mirip tetapi mempunyai perbedaan
yang jelas. Reliability lebih menunjukkan probabilitas produk gagal menjalankan
fungsinya. Produk pompa air dikatakan mempunyai performance yang baik apabila
dia mampu bekerja sesuai dengan kapasitas atau daya semprot seperti yang
dijanjikan. Pompa tersebut dikatakan sebagai pompa yang mempunyai reliability
yang baik apabila tidak pernah ngadat atau macet selama pemakaian.
3.Dimensi kualitas yang
ketiga adalah feature atau fitur.
Dimensi
ini dapat dikatakan sebagai aspek sekunder. Karena perkembangan fitur ini
hampir tidak ada batasnya sejalan dengan perkembangan teknologi, maka fitur
menjadi target para produsen utnuk berinovasi dalam upaya memuaskan pelanggan.
Karena
produk awet, maka pelanggan akan lama dalam membeli produk baru lagi dan
tentunya dapat mengurangi kesempatan perusahaan untuk mendapatkan revenue lagi.
Akan tetapi, apabila awet adalah hal penting dan ternyata perusahaan tidak
menawarkan hal ini, pelanggan akan pindah k epada merek pesaing karena tidak
puas. Suka atau tidak, memproduksi produk yang benar-benar awet adalah pilihan
yang lebih baik. Walau pelanggan tidak membeli untuk waktu yang lama,
perusahaan masih dapat berharap bahwa pelanggan akan menyebarkan word of mouth
yang positif.
4.Dimensi yang keempat
adalah conformance.
Dimensi
ini menunjukkan seberapa jauh suatu produk dapat menyamai standar atau
spesifikasi tertentu. Produk yang mempunyai conformance tinggi, berarti
produknya sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Salah satu aspke dari
conformance adalah konsistensi.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar