KONSULTAN MANAJEMEN
KONSULTAN BABY SHOP
TEPERCAYA, +62 813-9864-6177, Bisnis Offline,
Perkembangan Bisnis, Baby Shop Bisnis, Promosi dengan Brosur, Manajemen Baby
Shop, Bisnis Baby Shop
UPAYA MENGEMBANGKAN
BISNIS BABY SHOP SECARA OFFLINE - Tahukah anda apa
bisnis offline itu ? bisnis offline adalah bisnis pada umumnya yang
melaksanakan kegiatan usaha mulah dari produksi, hingga produk didistribusikan,
entah itu sebagai distriburot, sebagai produsen, sebagai pengecer dan lain
sebagainnya. Bisnis offline ini ada di dunia dan fisiknya dapat dilihat secara
nyata. Contohnya adalah toko toko swalayan, pabrik pabrik dan lain sebagainya.
Dan dalam kegiatan usaha yang dilakukannya, tidak melibatkan internet atau
dunia online sebagai basisnya, baik basis produksi, basis distribusi dan lain
sebagainya. Inilah yang dimaksud dengan bisnis offline. Intinya bisnis ini bisa
dilihat secara nyata dan ada disuatu tempat tertentu di dunia, bukan di dunia
maya.
Persamaan
antara bisnis offline dan bisnis online terletak pada pergerakan usahanya. Baik
di dunia bisnis offline dan dunia bisnis online, sama sama memiliki tujuan yang
sama yaitu memperoleh keuntungan dan penghasilan. Keduanya sama sama memiliki
sktor atau uni produksi, namuan tidak bisa di lihat secara nyata atau sistem
komputerisasi untuk bisnis online, contonya seperti iklan dan sebagainnya,
tetapi unit produksi bisnis offline bisa dilihat fisiknya secara nyata
contohnya adalah pabrik pabrik pdoruksi. Selain itu ada kesamaan lainnya yang
paling dilihat yaitu sama sama memiliki tempat untuk melakukan perdagangan atau
pendistribusian. Apa contohnya, jika di dunia bisnis offline kita mengenal toko
toko yang menjual suatu produk hasil produksi dalam bidang bisnis, di dunia
maya atau bisnis online kita juga bisa menemukannya yaitu toko online seperti
lazada dan lain sebagainnya.
Perbedaan
Bisnis Offline dan Online adalah pada sektor basisnya. Yang paling dominan
adalah dilihat dari keterlibatan internet dan komputerisasi dalam dunia bisnis
online. Setiap kegiatan usaha yang ada di bidang bisnis online, pasti
melibatkan internet, sesuai namanya yaitu online. Berbeda dengan bisnis offline
atau bisnis yang dijalankan secara dunia nyata atau dapat dilihat fisiknya.
Bisnis ini dilakukan secara langsung dan ril dan tidak melibatkan dunia maya
sebagai salah satu aspek pelaksanaan kegiatan usahanya.
Ciri Bisnis Offline
a.Memiliki
unit produksi secara nyata atau rill
b.Memiliki
toko sebagai tempat pemasaran secara nyata atau rill
c.Tidak
melibatkan internet dalam kegiatan usahanya, baik untuk produksi, distribusi
dan lain sebagainya.
Berikut Upaya
Mengembangkan Bisnis Secara Offline
1.Membuat kartu nama
perusahaan
Ini
adalah cara yang paling mudah dan murah. anda dapat memberikan kartu nama ke
tetangga dan relasi bisnis, atau selipkan ke dalam buku dan majalah yang
relevan ditempat yang strategis. Kartu nama dapat disimpan dimana saja asalkan
tidak lupa menaruhnya dimana. Anda bisa menaruh atau menyimpan kartu nama
didalam dompet atau dimap khusus kartu nama,dll. Untuk pembuatan kartu nama pun
tidak memerlukan biaya yang mahal.
Kartu
Nama adalah sebuah kartu yang menyampaikan informasi tentang sebuah perusahaan
ataupun individu yang disampaikan hanya sebagai pengingat dalam sebuah
perkenalan formal. Pada umumnya kartu nama berisi tentang nama perusahaan
(termasuk logo perusahaan) dan alamat pos, nomor telepon, nomor fax dan email,
situs web. Ada dua metode untuk mencetak kartu nama yaitu dengan menggunakan
mesin digital dan mesin offset.
2.Berbicara disebuah
acara
Anda
dapat mencari sebuah acara yang berhubungan dengan industri perdagangan.
Persiapkan pidato atau kata – kata yang akan disampaikan dalam acara yang
membantu dalam mempromosikan produk anda. Hal ini akan meninggalkan kesan abadi
dengan rekan – rekan bisnis lainnya dan dapat menciptakan repesentasi visual
dari bisnis anda. Kalimat – kalimat yang digunakan untuk berbicara disebuah
acara ialah menggunakan bahasa yang baku agar dapat dipahami oleh pendengar.
Dengan hal ini bisa jadi para pebisnis ingin bekerja sama dengan bisnis anda.
Yang harus dihindari ketika berbicara disebuah acara ialah jangan gunakan
kalimat yang berbelit karena dapat mengganggu proses anda dalam menyampaikan
isi pidato.
3.Memberikan hadiah atau
sumbangan
Hadiah
adalah pemberian uang , barang, jasa, dll yang dilakukan tanpa ada kompensasi
balik walaupun dimungkinkan pemberi hadiah mengharapkan adanya imbal balik,
ataupun dalam bentuk nama baik (prestise) atau kekuasaan. Menjadi sebuah
sponsor dalam acara amal atau acara-acara di manapun dapat menjadi cara
sederhana untuk membangun hubungan pribadi dengan masyarakat karena
berpartisipasi dalam tujuan baik. Paling tidak, pihak yang mendapatkan hadiah
ini akan menggunakan produk atau jasa Anda.
4.Berkomunikasi dengan
media lokal
Meskipun
saat ini media online sedang menguasai, media cetak juga masih efektif. Anda
dapat memberikan siaran pers untuk majalah atau koran yang sesuai audiens Anda.
Komunikasi adalah sebuah proses
dinamis untuk menciptakan makna melalui berbagai simbol baik verbal maupun
nonverbal. Maksud dari komunikasi dengan media lokal ialah melakukan hubungan
timbal balik dengan masyarkat lokal atau pebisnis lokal.
5.Mengirim surat
Meskipun
kebanyakan orang sudah menggunakan e-mail atau snail mail, ternyata
surat-menyurat dengan kertas atau jasa pos masih menjadi metode pemasaran yang
dapat diterima. Kirim kupon atau update produk baru, sampel produk, newsletter,
dll. Anda bisa mengirimkan surat ke rekan pebisnis atau ke toko babyshop
lainnya agar bisa berkerjasama dengan. Tapi diera globalisasi ini sudah jarang
juga orang menggunakan surat menuyurat untuk melakukan kerja sama tetapi apa
salahnya jika belum dicoba. Surat menyurat bisa diartikan sebagai proses
mengirimkan surat kepada orang yang dituju atau kegiatan untuk mengadakan
hubungan secara terus menerus antara pihak satu ke pihak lainnya
6.Membuat panggilan
telefon
Mengumpulkan
daftar pelanggan potensial dan menelefon dapat menjadi salah satu strategi
pilihan. Anda perlu menyesuaikan percakapan untuk setiap pelanggan sesuai waktu
dan kebutuhan mereka. Langkah ini dapat membantu anda membangun hubungan
kolaboratif dengan bisnis lain dan berpotensi mendapatkan beberapa pelanggan
baru di sepanjang jalan. Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk
menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan
telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan
telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan
pengguna lainnya.
7. Berpartisipasi dalam
pameran
Pameran
dagang atau ekspo menempatkan anda berada di bawah atap yang sama dengan
kompetitor. Anda dapat mempelajari bisnis mereka, memeriksa materi pemasaran
mereka dan umumnya mendapatkan wawasan dalam strategi mereka. Sebenarnya
partisipasi adalah suatu gejala demokrasi dimana orang diikutsertakan dalam
suatu perencanaan serta dalam pelaksanaan dan juga ikut memikul tanggung jawab
sesuai dengan tingkat kematangan dan tingkat kewajibannya. Partisipasi itu
menjadi baik dalam bidang-bidang fisik maupun bidang mental serta penentuan
kebijaksanaan.
8. Mengubah kemasan untuk
menarik pelanggan
Mungkin
sudah saatnya untuk menyegarkan penampilan yang baru pada produk anda. Luangkan
waktu untuk meninjau kembali kemasan produk anda karena perubahan sekecil apa
pun bisa membuat perbedaan besar. Yang harus dilakukan ialah anda harus
merancang tema terlebih dahulu lalu kemudian anda dapat meminta bantuan pada
jasa print dan dapat diaplikasikan atau ditempel pada produk bisnis anda. Orang
memilih produk kadangkala dari segi tampilan dan juga kualitasnya. Harga yang
sesuai dan tampilan produk menarik akan menambah kesan tersendiri pada
pelanggan.
9.Mensponsori acara
komunitas
Jika
keuangan memungkinkan, ini adalah cara yang fenomenal untuk menyebarkan bisnis
anda dengan jauh dan luas. anda bisa bekerja sama dengan lembaga nonprofit
untuk menjadi tuan rumah penggalangan dana. Dalam acara itu, anda bisa memberikan
barang-barang produksi anda, kupon, pamflet maupun kartu diskon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar