Senin, 19 November 2018

Menentukan Lokasi Untuk Baby Shop | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN MANAJEMEN

KONSULTAN BABY SHOP 

TERPECAYA, +62 813-9864-6177, Lokasi Strategis Adalah, Lokasi Terbaik, Lokasi Baby Shop, Lokasi Penjualan, Lokasi Toko, Baby Shop Strategis, Tips Memilih Lokasi, Lokasi Baby Shop Terdekat, Lokasi Baby Shop Surabaya


MENENTUKAN LOKASI UNTUK BABY SHOP - Pada studi Geografi, lokasi merupakan variabel penting yang dapat mengungkapkan berbagai hal tentang gejala atau fenomena yang dipelajari. Sumaatmadja (1988:118) menjelaskan, bahwa : lokasi suatu benda dalam ruang dapat menjelaskan dan dapat memberikan kejelasan pada benda atau gejala geografi yang bersangkutan secara lebih jauh lagi.  Mempelajari geografi sama artinya dengan mempelajari lokasi-lokasi di muka bumi, dan ketika orang atau individu berbicara tentang lokasi di permukaan bumi maka individu tersebut sedang berbicara mengenai fenomena di permukaan bumi. Lokasi sangat erat kaitannya dengan jarak di permukaan bumi. Suatu gejala akan sangat strategis dan  mempunyai nilai guna yang tinggi jika terletak pada lokasi yang menguntungkan.

Cara memilih atau menentukan lokasi tempat usaha yang strategis akan mempengaruhi kesuksesan dari bisnis yang akan dilaksanakan. Selain itu situasi dan kondisi yang tepat ini juga akan berperan penting pada produk atau jasa yang akan ditawarkan. Memang tidak mudah dalam mendapatkan lokasi tempat usaha pada spot yang strategis, apalagi dengan kendala modal usaha atau budget dana terbatas. Sebelum menentukan lokasi yang akan dipilih, sebaiknya juga menyesuaikan atau mempertimbangkan jenis atau kategori usaha apa yang akan dijalankan.

Jenis Lokasi
Sumaatmadja dalam bukunya yang berjudul “Studi Geografi  Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan” menyatakan bahwa lokasi dalam suatu ruang dapat dibedakan menjadi dua jenis lokasi, yaitu :
A.Lokasi absolut adalah suatu tempat atau wilayah yang lokasinya berkaitan dengan letak astronomis yaitu dengan menggunakan garis lintang dan garis bujur, dan dapat diketahui secara pasti dengan menggunakan peta. Lokasi absolut suatu daerah tidak dapat berubah atau berganti sesuai perubahan jaman tetapi bersifat tetap karena berkaitan dengan bentuk bumi.
B.Lokasi relatif adalah suatu tempat atau wilayah yang berkaitan dengan karakteristik tempat atau suatu wilayah, karakteristik tempat yang bersangkutan sudah dapat diabstraksikan lebih jauh. Lokasi relatif memberikan gambaran tentang keterbelakangan, perkembangan dan kemajuan wilayah yang bersangkutan dibandingkan dengan wilayah lainnya.  Lokasi relatif dapat ditinjau dari site dan situasi (situation). Site adalah semua sifat atau karakter internal dari suatu daerah tertentu sedangkan situasi adalah lokasi relatif dari tempat atau wilayah yang bersangkutan yang berkaitan dengan sifat-sifat eksternal suatu region.

Berikut ini cara untuk menentukan lokasi bisnis baby shop :
1.Lokasi usaha yang mudah terlihat
Dengan bertempat pada area yang mudah terlihat, maka sudah pasti akan banyak memperoleh perhatian dan tentunya juga memudahkan untuk masa perkenalan dan promosi bisnis anda yang baru saja mulai dirintis. Selain itu, lokasi yang mudah terlihat juga akan menekan biaya promosi pada awal pembukaan atau promo promo peluncuran produk baru anda selanjutnya. Sebagai contoh adalah sebuah usaha kuliner jajanan khas. Maka memilih tempat usaha pada lokasi wisata adalah salah satu spot yang cukup strategis. Hal ini sangat beralasan karena kemungkinan besar pengunjung akan tertarik untuk menjadikan produk anda sebagai oleh oleh sepulang dari berwisata.
Satu contoh lagi misalnya usaha foto copy, merencanakan usaha ini akan lebih tepat sasaran jika berada pada lokasi ramai seperti area kampus, perkantoran dan sekolah. Alasannya sudah pasti yang mana orang orang disekitar wilayah tersebut akan banyak melakukan aktifitas yang berhubungan dengan alat tulis, catak, dan keperluan kantor lainnya.
2.Biaya membangun atau sewa tempat usaha
Jika anda mampu dan memiliki budget anggaran untuk membangun sendiri tempat usaha dilokasi yang strategis, maka hal ini akan lebih menguntungkan dan menjadi value tersendiri. Dilain hal, bangunan yang notabene adalah merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan, maka tidak ada salahnya jika memang anda bidik sekalian untuk menanamkan modal dan berinvestasi jangka panjang. Namun apabila harus menyewa, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tempat yang strategis tentu akan di banderol dengan harga sewa yang cukup tinggi oleh pemiliknya.
Kalkulasi atau perhitungan yang cermat harus anda lakukan sebelum membuat keputusan kontrak sewa dengan pemilik lahan. Pertimbangkan apakah keuntungan setiap bulan akan mampu untuk memenuhi kebutuhan sewa lahan dan operasional usaha berikutnya. Dan biasanya, setelah masa kontrak anda berakhir kemudian ingin memperpanjang, kenaikan harga sewa sudah tentu menanti didepan mata. Apalagi jika tampak jelas bahwa bisnis yang anda bangun disana telah berkembang pesat dan memiliki konsumen yang loyal.
3.Akses yang mudah dijangkau
Poin ini adalah mengenai kenyamanan konsumen ketika akan menuju dimana lokasi usaha anda berada. Meskipun berada pada tempat atau lokasi ramai dan banyak menarik perhatian orang yang berlalu lalang, jika lokasi bisnis anda tidak memiliki lahan parkir yang memadai, seperti misal terlalu rapat dengan jalan, maka konsumenpun terkadang akan enggan untuk singgah sebab merasa kurang nyaman. Sebagai contoh lagi, tempat usaha yang anda pilih adalah di area yang sangat ramai seperti di lokasi mall, namun apabila toko yang anda buka berada di lantai teratas, biasanya pengunjung juga kurang antusias untuk menuju kesana
Sebagai perbandingan misalkan sama sama menjual kaos distro dengan merek dan model yang sama, maka penjual yang berada di trotoar akan lebih cepat memperoleh konsumen meskipun tidak memiliki gerai yang mewah. Apa benefitnya meskipun lapak usaha anda begitu mewah dan gelamor, namun berada pada lantai tertinggi sebuah mall ataupun tempat yang membuat konsumen malas untuk mendatanginya. Maka dari itu, faktor akses untuk memudahkan konsumen menjangkau produk yang anda tawarkan sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan bisnis dan usaha anda.
4.Hubungan sosial dengan konsumen
Yang ke empat ini adalah berkenaan dengan target pemasaran yang akan anda capai. Istilahnya adalah segmen pasar yang tepat. Memilih tempat usaha yang sesuai dengan sasaran adalah nilai yang cukup penting untuk selalu pertimbangkan karena masing masing jenis usaha akan memiliki keterlibatan yang erat antara lingkungan masyarakat dengan jenis produk yang di tawarkan. Sebagai contoh misalkan akan membuka sebuah usaha yang bergerak dalam bidang pertanian seperti melayani atau menyediakan kebutuhan pupuk, anti hama maupun bibit tanaman.
Langkah pertama adalah, anda harus mampu mendekati konsumen dengan cara bersosial yang lebih akrab guna memperoleh informasi akurat mengenai segala keluhan dan kebutuhan kerja mereka. Selanjutnya, anda akan bisa dengan mudah menentukan produk atau jasa apa yang memiliki potensi akan laku dipasarkan pada lokasi dan wilayah tersebut.
5.Terkait masalah perijinan bisnis dan usaha
Meskipun terkadang sering dilupakan, namun sebaiknya jangan pernah menganggap remeh masalah legalitas. Bukan hanya terbatas pada ijin usaha saja, melainkan harus meliputi segala aspek yang berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan termasuk produk yang anda tawarkan. Mengabaikan poin ini akan menjadi resiko besar yang bisa saja tidak akan pernah diduga kemudian hari membawa dampak buruk bagi bisnis atau usaha anda.
Akan lebih menyesal lagi jika perjalanan usaha anda sudah mulai menampakkan perkembangan, kemudian tersandung masalah legalitas perijinan tempat usaha tentu akan fatal jadinya. Seperti lokasi yang sertifikat kepemilikan lahannya tidak jelas. Misalkan area pinggiran terminal atau stasiun yang dibangun ruko kemudian disewakan. Memang lokasi usaha seperti ini sangat strategis namun jika legalitasnya tidak jelas, maka resiko sewaktu waktu terjadi penggusuran tentu akan lebih membuat anda frustasi.
6.Lingkungan tempat usaha dan sekitarnya
Lingkungan sekitar tempat bisnis dan usaha adalah faktor yang akan mempengaruhi pandangan serta minat konsumen terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan. Misalkan saja anda berjualan makanan di area hiburan malam, tentu saja pelanggannya akan terbatas pada komunitas tertentu yang memang suka berkunjung ke tempat hiburan tersebut. Misalkan saja ada orang lapar yang ingin mencari warung makan, namun ia merasa tidak nyaman dengan situasi lingkunan tempat anda berjualan, kemungkinan besar ia akan berlalu dan lebih memilih untuk mencari tempat yang lainnya.
Contoh lain yang berhubungan dengan penentuan tempat usaha dan harus mempertimbangkan lingkungan sekitar adalah, semisal diwilayah tersebut sudah banyak terdapat usaha bengkel motor, maka sebaiknya anda mempertimbangkan ulang jika ingin membuka jenis usaha yang sama. Kecuali jika anda mampu bersaing dengan memberikan nilai lebih, dan sanggup berkompetisi bisnis secara sportif tanpa menimbulkan masalah kemudian harinya, maka membuka usaha yang sama tidak akan ada larangannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...