KONSULTAN MANAJEMEN
KONSULTAN BABY SHOP
TEPERCAYA, +62 813-9864-6177, Promosi Penjualan, Cara Promosi Di Internet, Promosi Dan Pemasaran, Cara Promosi Di Sosial Media, Promosi Produk, Bisnis Baby Shop, Manajemen Baby Shop, Baby Shop
TIPS PROMOSI BABY SHOP
MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA - Sosial media adalah media daring
(dalam jaringan atau online) dengan para penggunanya bisa mudah berbagi,
menciptakan sebuah karya dalam suatu konten tertentu. Meliputi isi, example:
blog, jejaring sosial seperti google+, youtube-vlog, app instagram, facebook, snapchat,
wiki, skype, twitter, etc. Arti lain, adalah sebagai situs yang menyediakan
wadah bagi penggunanya untuk saling berinteraksi secara online. Media sosial
sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, mereka seperti orang
kecanduan yang akan merasa aneh bila sehari saja tidak menggunakan situs
berbagi informasi ini. Rata-rata orang yang sudah menjadi kebiasaan menggunakan
sosial media akan merasakan hal ini. Tapi pada intinya sosial media hanya
memiliki satu fungsi yaitu untuk menjalin komunikasi secara online.
Walaupun
media sosial menawarkan segala kemudahan dalam berkomunikasi, bersosialisasi,
dan lain sebagainya. Akan tetapi bukan berarti media sosial sepenuhnya
memberikan dampak positif pada masyarakat Indonesia. Kenyataannya terdapat
dampak-dampak negatif yang cukup serius dan apabila tidak ditangani dengan baik
dapat membuat masyarakat Indonesia malah berkembang ke arah yang negatif dan
tidak sesuai dengan harapan kita sebagai orang Indonesia.
Fungsi Media Sosial
Berikut
ini adalah beberapa fungsi media sosial secara umum:
a.Memperluas
interaksi sosial manusia dengan memanfaatkan teknologi internet dan website.
b.Menciptakan
komunikasi dialogis antara banyak audiens (many to many).
c.Melakukan
transformasi manusia yang dulunya pemakai isi pesan berubah menjadi pesan itu
sendiri.
d.Membangun
personal branding bagi para pengusaha ataupun tokoh masyarakat.
e.Sebagai
media komunikasi antara pengusaha ataupun tokoh masyarakat dengan para pengguna
media sosial lainnya.
Berikut upaya yang
dilakukan untuk promosi menggunakan sosial media
1. Mengadakan Kontes atau
Kuis
Kontes,
merupakan salah satu cara paling ampuh dalam hal mempromosikan sesuatu di media
sosial. Keuntungan dari mengadakan kontes atau kuis
a.Mendapatkan
impersi yang tinggi dari target market anda. Sebab sebuah kontes pasti
menjanjikan hadiah, dan kebanyakan orang-orang diseluruh dunia suka dengan
hadiah.
b.Keterlibatan
target konsumen kita akan sangat tinggi, sebab mereka tertarik dengan hadiah
yang kita bagikan.
2.Pahami Media Sosial
yang tepat
Ada
berbagai macam sosial media yang dipakai di Indonesa.Oleh karena itu, untuk
dapat menentukan media sosial mana yang berpotensi menjadi pilihan anda,
lakukan dua langkah ini: kenali pembaca dan
tentukan potensi setiap media sosial. Social Networks atau jejaring
sosial merupakan jenis media sosial yang paling umum dikenal masyarakat dan
paling banyak digunakan. Beberapa social network yang paling banyak digunakan
saat ini :
a.YouTube
b.Facebook
c.Twitter
d.Instagram
e.WhatsApp
f.Google
Plus
g.Pinterest
3.Gunakan Hastag
Hashtag
adalah kata atau frase tanpa spasi yang diawali dengan simbol hash
("#"). Ini adalah bentuk tag
metadata. Kata-kata dalam pesan pada jejaring sosial seperti Twitter, Facebook,
Google+ atau Instagram dapat ditandai dengan menempatkan "#" di depan
mereka. Hashtag dapat berupa kalimat atau kata tanpa spasi, contohnya penulisan
artikel dengan penambahan hashtag
#BisnisBabyShop. Dengan hashtag tersebut maka informasi yang ditambahkan
hashtag #BisnisBabyShop akan otomatis tergabung menjadi sebuah kelompok artikel
dengan hashtag yang sama didalam satu halaman.
Sebuah
hashtag hanya terhubung ke media tertentu dan tidak dapat terhubung dengan
gambar atau pesan multi platform atau dari platform yang berbeda. Misalkan
hasil artikel atau konten hashtag pada media social facebook tentu saja akan
berbeda dengan hashtag dengan media social lainnya seperti twitter atau
instagram. Hastag difungsikan untuk menggolongkan tema atau topik yang lebih
spesifik dalam social media, dan di sisi lain hashtag juga mempermudah orang
lain untuk mencari topik yang saling berhubungan. Dalam dunia digital,
khususnya digital konten marketing pada sosial media, hashtag berguna untuk mengelompokan
sebuah tema atau informasi produk agar orang lain atau calon customer dapat
menemukan informasi yang anda sampaikan pada sebuah artikel dengan hashtag
tertentu.
4.Gunakan Gambar
Taktik
yang satu ini bukanlah basa-basi. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari sebuah
gambar di dalam sebuah sosial media. Ketika anda mempromosikan link artikel anda,
gunakan gambar berkualitas tinggi untuk meningkatkan engagement dari followers.
Gambar yang menarik dapat membuat pembaca ingin melihat produk anda lebih
dalam. Untuk gambar anda tidak perlu khawatir, anda bisa mengambil gambar dari
produk anda sendiri atau bisa mengambil dari Pinterest. Gambar yang mempunyai
kualita baik maka untuk kedepannya akan lebih baik. Gambar juga dapat
mempengaruhi suatu bisnis. Jika bisnis anda menggunakan gambar – gambar yang
tidak berkualitas maka tidak ada pembaca yang ingin melihat halaman anda.
5.Posting Lebih Dari
sekali
Jika
anda memposting produk setiap hari maka bisa jadi ada tertarikan dari
pelanggan. Rasa bosan pasti ada pada pembeli yang melihat postingan anda,
tetapi hal itu jangan dijadikan beban pikiran. Banyak orang yang suka dengan
postingan berkali – kali karena dapat menambah kesan tersendiri. Belum tentu
semua orang melihat post anda di hari ini, pagi ini, siang ini atau malam ini.
Siapa tahu beberapa orang baru sempat atau ingin untuk melihat konten anda
keesokan harinya. Usahakan postingan itu menarik pembeli dengan memberikan
diskon sesekali agar pembeli dapat kembali lagi ke halaman anda.
6.Sebarkan Konten
diGoogle+
Dalam
menyebarkan konten di Google+, hal yang terpenting adalah bergabung dengan
komunitas yang tepat. Google+ telah sangat memudahkan agar anda dapat menarget
audience yang relevan. Apakah anda akan melewatkannya begitu saja? Dengan
bergabung dengan berbagai komunitas yang relevan, itu akan memudahkan anda
menyortir konten yang akan dibagikan berdasarkan topik.
7.Berbagi Pengetahuan
salah
satu cara kreatif lain dalam mempromosikan sesuatu melalui media sosial adalah
dengan berbagi pengetahuan atau informasi terkait bidang produk kita. Seperti
contohnya dengan :
a.Membagikan
tips-tips penggunaan produk Anda lewat ebook khusus yang dibagikan di Facebook,
Twitter atau Instagram
b.Berbagi
video tutorial tentang cara menggunakan produk Anda.
Untuk
media berbagi pengetahuan/informasi di media sosial, sejumlah fasilitas pun
siap membantu anda. Contohnya seperti :
a.Halaman
fans di Facebook.
b.Saluran
khusus Anda di Youtube.
c.Menggunakan
Twitter.
8.Lakukan Kegiatan
Beriklan
Promosi
di media sosial juga bisa dilakukan melalui media iklan. Apalagi di sejumlah
media sosial saat ini sudah tersedia berbagai fasilitas iklan yang siap
membantu anda, para pelaku bisnis. Sejenak tengoklah Facebook, beragam jenis
iklan sudah tersedia di Facebook. Mulai dari :
a.Sponsored
stories.
b.CPC.
c.Page
Post Ads Facebook.
d.Page
like Ads.
Selain
menggunakan fasilitas beriklan yang sudah tersedia di jejaring sosial, anda juga
bisa beriklan dengan melakukan sponsorship pada akun media sosial yang punya
banyak pengikut. Dengan menjadi sponsor pada akun media sosial yang punya banyak
pengikut, anda bisa memanfaatkan akun yang punya banyak follower tadi untuk
dijadikan media penyebaran informasi promosi.
9.Jangkau Komunitas
Media
sosial adalah tempat berkumpulnya orang-orang, bahkan tak jarang di media
sosial orang-orang yang punya kesamaan minat saling membentuk suatu komunitas
atau grup. Hadirnya grup dan komunitas tersebut tentu saja dapat menjadi
sasaran empuk para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk. Tentu saja,
hadirnya grup ini kerap dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis internet untuk
saling memasarkan produk, entah itu produk layanan hosting, produk jasa desain,
jasa penulisan artikel dan berbagai produk yang terkait kebutuhan para blogger.
Di beragam media sosial pasti sudah ada komunitas dengan minat tertentu semacam
ini, nah tugas anda sebagai pelaku bisnis adalah memasuki grup atau komunitas
tersebut, lalu mulai mempromosikan produk anda di sana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar