KONSULTAN BABY SHOP
TERPECAYA, +62 813-9864-6177, YANG DIBUTUHKAN PIHAK SPONSOR DALAM SPONSORSHIP
Sponsor adalah, SponsorShip Online adalah, Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis 2018, Manajemen Bisnis, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Peluang Usaha, Peluang Usaha 2018, Konsultan Bisnis Bali, Konsultan Bisnis Di Bali, Baby Shop Bali, Baby Shop Di Bali
HAL YANG DIBUTUHKAN PIHAK
SPONSOR DALAM SPONSORSHIP - Sponsor adalah sebuah homonim
karena artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.
Sponsor memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga sponsor dapat
menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang
dibendakan. Sponsorship adalah dukungan finansial atau materi pendukung kepada
suatu organisasi, orang, atau aktivitas yang dipertukarkan dengan publisitas
merek dalam suatu hubungan kerjasama. Sponsorship dapat membedakan sekaligus
meningkatkan nilai suatu merek.
Ketika
kita mengajukan penawaran sponsorship kepada sebuah Brand yang akan mendukung
penyelenggaraan program, kita akan mempelajari dan mengidentifikasi calon
sponsor yang kuat, dan harus dipahami dulu, apa keuntungan yang dapat
ditawarkan kepada mereka, karena mereka tidak akan begitu saja memberikan
supporting investment apabila tidak mendapatkan benefit yang rasional buat
brand atau produk mereka. Setelah itu baru
dibuat ringkasan eksekutif (executive summary), dan menyusun paket
proposal sesuai dengan apa yang
diinginkan sponsor, hal ini untuk
mendapatkan peluang besar Anda mendapatkan sponsor.
Yang diharapkan sponsor
dari kerjasama :
1.Membangun hubungan
dengan konsumen untuk menambah brand equity
brand
equity (nilai persepsi komersial) suatu produk dipengaruhi oleh nama, jaminan
kualitas, serta prestise tertentu kepada konsumen. dan untuk memperkuat ikatan
dalam pertukaran. sponsorship akan memberikan tambahan nilai kepercayaan dan
loyalitas konsumen terhadap produk tersebut.
2.Mendukung program
Komersial yang sedang berjalan
Sponsor
yang bertujuan commercial programme adalah bahwa sebuah perusahaan mensponsori
suatu program lain dengan tujuan untuk
menjalankan aktifitas promosi yang diperlukan yang sedang dijalankan, untuk
kepentingan perusahaannya serta untuk mendukung kegiatan promosi mereka sendiri
melalui upaya komunikasi pemasaran yang terpadu.
3.Manfaat Pengembalian
modal dari biaya yang telah dikeluarkan
Manfaat
penyediaan sponsorship secara finansial adalah mengembalikan dana yang telah
dikeluarkan pihak perusahaan untuk mensponsori suatu event dalam jumlah
tertentu. baik langsung melalui penjualan di area product supporting, maupun
tidak langsung seperti peningkatan penjualan sebagai efek dari awareness pengunjung terhadap produk sponsor.
4.Membonceng kekuatan
citra Brand dari Produk yang disponsori
Target
audiens juga akan terkena dampak merek secara tidak langsung, yakni melalui
pihak ketiga (kegiatan yang disponsori). Hal ini dapat mengakibatkan
meningkatnya nama dan pencitraan serta rasa percaya (believability) yang lebih besar dari merek tersebut.
Sebuah
program yang besar atau nama besar penyelenggara dapat membawa dampak
memperluas target audience yang begitu besar dan kepercayaan akan kekuatan
image produk sponsor tersebut. Sponsor supporting juga dapat menyebabkan reaksi yang baik
konsumen dan aktifnya pasar.
5.Membangun Brand
Awareness dalam jangka panjang
Tujuan
utama dari sponsor adalah untuk
membangun kesadaran merek (Brand Awareness ) bagi produk
dalam jangka panjang. Keikut sertaan sponsor dalam sebuah program
sebagai salah satu langkah melebar diluar kekuatan program mereka sendiri, karena telah terbantu
dengan program tambahan (Additive programme support) yang dibuat oleh orang lain.
6.Membangun kemitraan
yang solid dan saling berdampak untuk jangka panjang
Banyak
sekali Event Organizeratau penyelenggara acara
melihat pencarian sponsor semata-mata sebagai aktivitas penggalangan
dana untuk mendukung acara yang dibuat. Hal ini tidak dilihat sebagai hal yang
menguntungkan bagi pihak sponsor. Sponsorship lebih lanjut dapat menjadi sebuah bentuk kerjasama kemitraan
pemasaran antara perusahaan pendukung dengan brand yang di programkan.
7.Menambahkan Pengalaman
pemasaran produk dan penggalian orientasi Target Audience
Saat
ini para sponsor juga mengharapkan agar kita membantu mereka memahami lebih
mendalam mengenai orientasi dan perilaku kebutuhan dari para pengunjung acara
yang kita selenggarakan. Banyak yang ingin mengetahui alasan orang-orang tersebut mau untuk datang
ke sebuah acara, apa yang menjadi daya tarik utamanya, Bagaimana cara jitu penyampaian
komunikasi bellow the line (non iklan media massa) dimana produk dapat
berhubungan langsung dengan konsumen, Para sponsor juga ingin dapat memperbaiki
atau meningkatkan pengalamannya.
8.Compability with the
Company’s atau Brand positioning
Perusahaan
yang mensponsori suatu kegiatan, biasanya mendapatkan fasilitas eksklusif untuk
mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut (Massage capasity), misalnya
fasilitas tempat-tempat (space) tertentu untuk pemasangan logo brand
produk-produk perusahaan disekitar lokasi kegiatan event tersebut, dan juga
tentunya akan masuk dalam program broadcasting, iklan atau liputan ke media
massa.
9.Mempertimbangkan untuk
mengungguli aktifitas event produk kompetitor
Persaingan
sponsorship pada brand jenis tertentu dapat memberi kesempatan untuk “mengadu”
satu calon sponsor dengan yang lain dalam rangka mencari benefit tertinggi.
Jika sebuah produk minuman cmpetitor sudah mensponsori suatu program
event lain tapi dalam penggolongan yang sama, sampaikan hal itu kepada
calon sponsor minuman anda. Mereka akan mempertimbangkan bargainyang ‘lebih’
untuk anda.
Saat
ini tidak ada satu perusahaan pun yang memberikan dukungan materi atau apapun
dari permohonan yang tidak dikenal atau
tidak jelas reputasinya, Siapapun yang
bersedia menyediakan sponsor pasti ingin agar perusahaannya meraih keuntungan
dari pengeluarannya, mendapatkan nama baik atau
agar dikenal lebih luas.
Sponsorship
yang didasarkan pada kemitraan mampu memberikan beragam jenis hasil yang
menyebabkan sponsor manapun sulit untuk meninggalkan kerjasama kemitraan
tersebut. Investasi dalam bentuk tunai atau barang dalam suatu kegiatan, yang
akan mendapatkan imbalan sebagai akses
potensi komersial yang terkait dengan kegiatan ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar