KONSULTAN MANAJEMEN
KONSULTAN BABY SHOP
TEPERCAYA, +62 813-9864-6177, Cara Meningkatkan Penjualan Perlengkapan Bayi, Meningkatkan
Omset Penjualan, Cara Meningkatkan Omset Penjualan, Mengembangkan Bisnis Baby
Shop, Konsultan Bisnis Baby Shop
STRATEGI MENINGKATKAN OMSET BISNIS BABY SHOP – Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya ada beberapa poin yang harus diterapkan dalam meningkatkan omset dari sebuah penjualan. Belakangan ini para pebisnis sedang menghadapi ujian berat. Penjualan turun dari biasanya karena kurangnya minat masyarakat terhadap produk anda. Penurunan omset bisa dilihat dari curhatan sejumlah pengusaha. Omset penjualan dan laba merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan. Jika omset turun maka laba pun ikut turun.
Masalahnya, untuk mendapatkan omset
penjualan yang diinginkan tidaklah mudah. Omset yang tinggi bukan hal yang bisa datang tanpa adanya usaha
dari diri sendiri. Pastinya ada strategi yang harus anda miliki sebagai
konsekuensi dari target anda untuk mendapatkan omset penjualan yang tinggi dan
sesuai dengan harapan. Strategi yang ditempuh sebenarnya adalah hal yang sangat
biasa dan hal dasar yang memang seharusnya harus dilakukan oleh kelangsungan
usaha kita. Berikut ini strategi untuk meningkatkan omset usaha anda :
1.
Perhatikan Kualitas Produk
Produk dapat didefinisikan sebagai kumpulan
dari atribut – atribut yang nyata maupun tidak nyata, termasuk didalmnya
kemasan, warna, harga, kualitas dan merk ditambah dengan reputasi penjualan.
Untuk dapat meningkatkan kualita produk perusahaan anda dapat menerapkan
program TGM (Total Quality Manajemen). Selain mengurasi kerusakan produk,
tujuan pokok kualitas produk adalah untuk meningkatkan kualitas konsumen.
Kualitas produk sangat penting untuk
konsumen. Apabila produk tersebut mempunyai citra nilai yang tinggi maka akan
menarik banyak pembeli. Sebaliknya jika kualitas produk mempunyai citra nilai
yang buruk, maka pembeli tidak akan tertarik pada produk anda. Sesekali
pikirkan kenyamanan dari pembeli atau konsumen yang sudah berlangganan di
bisnis anda. Kualitas produk sangatlah berpengaruh pada intergritas usaha anda,
kualitas produk juga sangat berpengaruh pada angka penjualan produk anda.
Hal yang sangat wajib kepada seorang
pengusaha untuk mempertahankan kualitas produk. Hal yang sangat sederhana namun
sangat sulit untuk dilakukan. Teruslah menjaga dan meningkatkan kualitas produk
anda. Berikut cara meningkatkan kualitas produk :
a.Memperbagus pengemasan
b.Memberikan saran baik kepada pelanggan
c.Mempercepat pelayanan
d.Meningkatkan profesionalisme yang tinggi
e.Memberikan informasi secara berkala
f. selalu update perkembangan produk
g.mengemas produk secara rapi dan bersih
h.mengecek stock barang setiap hari
2.
Lakukan Promosi dan Branding
Promosi mempunyai arti memberitahukan atau
menawarkan produk dengan bertujuan untuk menarik calon konsumen untuk membeli
atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi maka harapan kenaikan penjualan
semakin meningkat tanpa mengurangi kualitas dari produk. Seseorang melakukan
promosi untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut ini tujuan dari diadakanya promosi
:
a.Menyebarluaskan informasi suatu produk
kepada calon konsumen yang potensial
b.Untuk mendapatkan konsumen baru
c.Mempertahankan konsumen lama
d.Meningkatkan penjualan serta mendapatkan
laba atau keuntungan
e.Menjaga loyalitas konsumen
salah satu kunci sukses untuk menciptakan
penjualan yang baik adalah dengan melakukan promosi ysng tepat. Banyak cara
untuk melakukan promosi. Beda produk bisa jadi beda pula cara dan media
promosinya. Anda harus pandai dalam melakukan promosi dan harus menarik sebisa
mungkin sesuai dengan kemampuan anda. Karena banyak pesaing didunia usaha maka
anda tidak boleh besar kepala tapi berusahalah anda untuk tetap yakin dan
cobalah bersaing dengan sehat. Berikut cara untuk melakukan promosi :
a.Cetak dan sebarkan brosur dekat dengan
lokasi atau ditempat yang tepat
b.Buatlah peta lokasi di Google Maps
dengan menambahkan gambar produk atau gambar toko
c.Manfaatkan sosil media
Branding memegang peran penting dalam
sebuah bisnis. Dengan strategi bisnis produk anda akan dikenal oleh masyarakat,
ini yang dimaksud dengan branding. Pada dasarnya branding itu membangun merk,
semakin merk anda dikenal masyarakat maka semakin pula konsumen yang memaka
produk anda. Memang tidak mudah untuk membangun branding yang kuat, tapi dengan
strategi banding yang tepat bisnis anda akan lebih cepat dikenal. Berikut ini
merupakan startegi melakukan branding yang tepat, yaitu :
a.Tentukan target pasar
b.Pelajari Brand dari kompetitior
c.Posisikan brand anda sebagai ‘orang’
d.Buatlah brand yang ‘relatable’
e.Minta bantuan tenaga ahli
3.Layanan Terbaik
Semakin
banyak pesaing diluar sana, salah satu kunci untuk menang atau berhasil dalam
sebuah persaingan adalah dengan meningkatkan kulitas layanan anda. Jika anda
memiliki jenis produk yang sama dengan harga yang hampir sama, maka hal yang
terpenting yang akan menjadi pertimbangan para konsumen yaitu pelayannya. Pelanggan
jika mencari pertolongan tidak hanya akan merasa bahwa dia telah diperlakukan dengan
baik namun akan lebih baik lagi untuk membeli produk anda.
Pelanggan
akan merasa dihargai apabila anda mengakui pelanggan sesegara mungkin. Jadi,
apabila pelanggan memasuki toko, anda
atau karyawan anda sesegera mungkin menyapa dan memperhatikan kebutuhanya,
berhenti melakukan hal – hal yang tidak penting untuk dilakukan. Namun apabila anda atau karyawan anda sedang
menerima telepon atu mengangkat telepon, hal yang harus dilakukan ialah bisa
meminta pelanggan menunggu terlebih dahulu dengan sopan.
Yang
harus dihindari ialah anda jangan mendorong karyawan untuk terus menerus menanyakan
pada pelanggan sehingga mengganggu kegiatan pelanggan yang seakan - akan anda
mengejar pelanggan atau membuntuti pelanggan. Muncul disaat yang tepat dan saat
dibutuhkan oleh pelanggan. Berikut adalah tips untuk memberikan layanan terbaik
kepada pelanggan :
a.Berusahalah
untuk datang diwaktu yang tepat
b.Menyapa
pelanggan dengan memberikan senyuman
c.Jangan
lupa untuk memberi sapaan seperti ‘selamat pagi ‘selamat datang'
d.Munculah
saat ingin membantu pelanggan
e.Bantu
pelanggan dengan langsung menangani permintaan
d.Memecahkan
permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan
e.Berikan
saran yang tepat kepada pelanggan
f.Jadilah
seseorang yang ceria, sopan dan hormat sepanjang interaksi dengan pelanggan
4.Belajar Strategi Pemasaran
Setiap
pengusaha tidak hanya sekedar menjalankan usahanya. Anda juga dituntut untuk
selalu belajar. Terutama yng harus dilakukan ialah dengan belajar pemasaran dan
marketing. Di era modern ini bukan saatnya anda untuk belajar dengan cara
konvensional lagi, melainkan belajar menggunakam pemasaran digital. Anda bisa
melakukan strategi memasarkan melalu sosial media yang lagi popular seperti
instagram, facebook, google shopee, dll.
Pemasaran
sendiri bisa diartikan sebagai sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang
untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang –
barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan
dari perusahaan. Didalam pemasaran pun terdapat konsep konsep inti meliputi :
kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan,
pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar.
Strategi
pemasaran adalah pengambilan keputusan – keputusan tentang biaya pemasaran,
bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan
yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga
faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran
yaitu adanya daur hidup produk, posisi persaingan perusahaan dipasar, situasi
ekonomi.
Macam
– macam dari strategi pemasaran diantaranya :
a.Strategi
kebutuhan primer
Strategi
– strategi pemasaran untuk merancang kebutuhan primer yaitu :
-Menambah
jumlah pemakai
-Meningkatkan
jumlah pembeli
b.Strategi
kebutuhan selektif
Dapat
dilkukan dengan cara :
-Mempertahankan
pelanggan dengan memelihara kepuasan pelanggan
-Menyederhanakan
proses pembelian
-Menjaring
pelanggan (Acquistion Strategier) dengan mengambil posisi berhadapan (head – to
heas positioning) dan mengambil posisi berbeda (differentiated positin).
Secara
lebih jelas strategi pemasaran dapat dibagi kedalam 4 jenis yaitu :
a.Merangsang
kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai
b.Merangsang
kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian
c.Merangsang
kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
d.Merangsang
kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar