Rabu, 07 November 2018

Strategi Meningkatkan Omset Bisnis Baby Shop | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN MANAJEMEN

KONSULTAN BABY SHOP

TEPERCAYA,  +62 813-9864-6177, Cara Meningkatkan Penjualan Perlengkapan Bayi, Meningkatkan Omset Penjualan, Cara Meningkatkan Omset Penjualan, Mengembangkan Bisnis Baby Shop, Konsultan Bisnis Baby Shop 



STRATEGI MENINGKATKAN OMSET BISNIS BABY SHOP – Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya ada beberapa poin yang harus diterapkan dalam meningkatkan omset dari sebuah penjualan. Belakangan ini para pebisnis sedang menghadapi ujian berat. Penjualan turun dari biasanya karena kurangnya minat masyarakat terhadap produk anda. Penurunan omset bisa dilihat dari curhatan sejumlah pengusaha. Omset penjualan dan laba merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan. Jika omset turun maka laba pun ikut turun.

Masalahnya, untuk mendapatkan omset penjualan yang diinginkan tidaklah mudah. Omset yang tinggi  bukan hal yang bisa datang tanpa adanya usaha dari diri sendiri. Pastinya ada strategi yang harus anda miliki sebagai konsekuensi dari target anda untuk mendapatkan omset penjualan yang tinggi dan sesuai dengan harapan. Strategi yang ditempuh sebenarnya adalah hal yang sangat biasa dan hal dasar yang memang seharusnya harus dilakukan oleh kelangsungan usaha kita. Berikut ini strategi untuk meningkatkan omset usaha anda :
1. Perhatikan Kualitas Produk
Produk dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari atribut – atribut yang nyata maupun tidak nyata, termasuk didalmnya kemasan, warna, harga, kualitas dan merk ditambah dengan reputasi penjualan. Untuk dapat meningkatkan kualita produk perusahaan anda dapat menerapkan program TGM (Total Quality Manajemen). Selain mengurasi kerusakan produk, tujuan pokok kualitas produk adalah untuk meningkatkan kualitas konsumen.
Kualitas produk sangat penting untuk konsumen. Apabila produk tersebut mempunyai citra nilai yang tinggi maka akan menarik banyak pembeli. Sebaliknya jika kualitas produk mempunyai citra nilai yang buruk, maka pembeli tidak akan tertarik pada produk anda. Sesekali pikirkan kenyamanan dari pembeli atau konsumen yang sudah berlangganan di bisnis anda. Kualitas produk sangatlah berpengaruh pada intergritas usaha anda, kualitas produk juga sangat berpengaruh pada angka penjualan produk anda.
Hal yang sangat wajib kepada seorang pengusaha untuk mempertahankan kualitas produk. Hal yang sangat sederhana namun sangat sulit untuk dilakukan. Teruslah menjaga dan meningkatkan kualitas produk anda. Berikut cara meningkatkan kualitas produk :
a.Memperbagus pengemasan
b.Memberikan saran baik kepada pelanggan
c.Mempercepat pelayanan
d.Meningkatkan profesionalisme yang tinggi
e.Memberikan informasi secara berkala
f. selalu update perkembangan produk
g.mengemas produk secara rapi dan bersih
h.mengecek stock barang setiap hari
2. Lakukan Promosi dan Branding
Promosi mempunyai arti memberitahukan atau menawarkan produk dengan bertujuan untuk menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi maka harapan kenaikan penjualan semakin meningkat tanpa mengurangi kualitas dari produk. Seseorang melakukan promosi untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut ini tujuan dari diadakanya promosi :
a.Menyebarluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
b.Untuk mendapatkan konsumen baru
c.Mempertahankan konsumen lama
d.Meningkatkan penjualan serta mendapatkan laba atau keuntungan
e.Menjaga loyalitas konsumen
salah satu kunci sukses untuk menciptakan penjualan yang baik adalah dengan melakukan promosi ysng tepat. Banyak cara untuk melakukan promosi. Beda produk bisa jadi beda pula cara dan media promosinya. Anda harus pandai dalam melakukan promosi dan harus menarik sebisa mungkin sesuai dengan kemampuan anda. Karena banyak pesaing didunia usaha maka anda tidak boleh besar kepala tapi berusahalah anda untuk tetap yakin dan cobalah bersaing dengan sehat. Berikut cara untuk melakukan promosi :
a.Cetak dan sebarkan brosur dekat dengan lokasi atau ditempat yang tepat
b.Buatlah peta lokasi di Google Maps dengan menambahkan gambar produk atau gambar toko
c.Manfaatkan sosil media
Branding memegang peran penting dalam sebuah bisnis. Dengan strategi bisnis produk anda akan dikenal oleh masyarakat, ini yang dimaksud dengan branding. Pada dasarnya branding itu membangun merk, semakin merk anda dikenal masyarakat maka semakin pula konsumen yang memaka produk anda. Memang tidak mudah untuk membangun branding yang kuat, tapi dengan strategi banding yang tepat bisnis anda akan lebih cepat dikenal. Berikut ini merupakan startegi melakukan branding yang tepat, yaitu :
a.Tentukan target pasar
b.Pelajari Brand dari kompetitior
c.Posisikan brand anda sebagai ‘orang’
d.Buatlah brand yang ‘relatable’
e.Minta bantuan tenaga ahli
3.Layanan Terbaik
Semakin banyak pesaing diluar sana, salah satu kunci untuk menang atau berhasil dalam sebuah persaingan adalah dengan meningkatkan kulitas layanan anda. Jika anda memiliki jenis produk yang sama dengan harga yang hampir sama, maka hal yang terpenting yang akan menjadi pertimbangan para konsumen yaitu pelayannya. Pelanggan jika mencari pertolongan tidak hanya akan merasa bahwa dia telah diperlakukan dengan baik namun akan lebih baik lagi untuk membeli produk anda.
Pelanggan akan merasa dihargai apabila anda mengakui pelanggan sesegara mungkin. Jadi, apabila pelanggan memasuki toko,  anda atau karyawan anda sesegera mungkin menyapa dan memperhatikan kebutuhanya, berhenti melakukan hal – hal yang tidak penting untuk dilakukan.  Namun apabila anda atau karyawan anda sedang menerima telepon atu mengangkat telepon, hal yang harus dilakukan ialah bisa meminta pelanggan menunggu terlebih dahulu dengan sopan.
Yang harus dihindari ialah anda jangan mendorong karyawan untuk terus menerus menanyakan pada pelanggan sehingga mengganggu kegiatan pelanggan yang seakan - akan anda mengejar pelanggan atau membuntuti pelanggan. Muncul disaat yang tepat dan saat dibutuhkan oleh pelanggan. Berikut adalah tips untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan :
a.Berusahalah untuk datang diwaktu yang tepat
b.Menyapa pelanggan dengan memberikan senyuman
c.Jangan lupa untuk memberi sapaan seperti ‘selamat pagi ‘selamat datang'
d.Munculah saat ingin membantu pelanggan
e.Bantu pelanggan dengan langsung menangani permintaan
d.Memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan
e.Berikan saran yang tepat kepada pelanggan
f.Jadilah seseorang yang ceria, sopan dan hormat sepanjang interaksi dengan pelanggan
4.Belajar Strategi Pemasaran
Setiap pengusaha tidak hanya sekedar menjalankan usahanya. Anda juga dituntut untuk selalu belajar. Terutama yng harus dilakukan ialah dengan belajar pemasaran dan marketing. Di era modern ini bukan saatnya anda untuk belajar dengan cara konvensional lagi, melainkan belajar menggunakam pemasaran digital. Anda bisa melakukan strategi memasarkan melalu sosial media yang lagi popular seperti instagram, facebook, google shopee, dll.
Pemasaran sendiri bisa diartikan sebagai sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang – barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan dari perusahaan. Didalam pemasaran pun terdapat konsep konsep inti meliputi : kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar.
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan – keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu adanya daur hidup produk, posisi persaingan perusahaan dipasar, situasi ekonomi.
Macam – macam dari strategi pemasaran diantaranya :
a.Strategi kebutuhan primer
Strategi – strategi pemasaran untuk merancang kebutuhan primer yaitu :
-Menambah jumlah pemakai
-Meningkatkan jumlah pembeli
b.Strategi kebutuhan selektif
Dapat dilkukan dengan cara :
-Mempertahankan pelanggan dengan memelihara kepuasan pelanggan
-Menyederhanakan proses pembelian
-Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier) dengan mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning) dan mengambil posisi berbeda (differentiated positin).
Secara lebih jelas strategi pemasaran dapat dibagi kedalam 4 jenis yaitu :
a.Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai
b.Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian
c.Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
d.Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...