KONSULTAN BABY SHOP
TERPECAYA, +62
813-9864-6177, MANFAAT SOSIAL MEDIA
UNTUK BISNIS
Sosial Media Online, Sosial Media Adalah, Sosial
Media Definisi, Apa Manfaat Sosial Media, Manfaat Sosial Media Bagi Bisnis,
Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis, Konsultan
Bisnis, Konsultan Bisnis 2018, Manajemen Bisnis, Sukses Bisnis, Peluang Usaha,
Peluang Usaha, Peluang Usaha 2018, Konsultan Malang, Konsultan Bisnis Di
Malang, Baby Shop Malang Online, Baby Shop Malang Murah
MANFAAT SOSIAL MEDIA UNTUK BISNIS - Media sosial adalah
sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan
dunia virtual. Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam
strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi informasi
kepada pengunjung atau follower bukan satu-satunya keuntungan menggunakan
sosial media bagi sebuah bisnis. Banyak orang di seluruh dunia telah menemukan
cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan
perkembangan pada segala aspek.
Berikut adalah 10 manfaat media sosial bagi
bisnis:
1.Dapat Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai
Pelanggan
Salah satu kunci sukses
bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media
membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan
sebelumnya. Dengan perangkat pendukung yang ada, kini anda bisa mengetahui
dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen anda, bahasa yang mereka
gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media Informasi ini
dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat.
2.Membantu Pencarian Target Konsumen Lebih
Efektif
Sosial media seperti
Facebook dan Twitter memiliki perangkat pendukung yang membantu Anda untuk
menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen. Contohnya jika ingin melakukan
promosi melalui instagram, postingan foto Anda bisa dilengkapi dengan fitur
location atau #hashtag. Manfaatkan fitur location Instagram untuk memasarkan
bisnis Anda dengan lebih tertarget. Dengan demikian, audiens yang ingin
mengunjungi lokasi wisata tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan untuk
menjadi konsumen.
3.Membantu Menemukan Konsumen Baru dan
Memperluas Target Pasar
Sosial media seperti
Instagram membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari konsumen
yang potensial. Jika ingin mencari konsumen dengan lokasi yang berdekatan
dengan anda, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan dengan
Instagram. Selanjutnya anda akan menemukan calon konsumen yang bisa dihubungi
sehubungan dengan promosi bisnis anda. Anda bisa menggunakan fitur location
agar mudah ditemukan calon konsumen yang dekat dengan lokasi bisnis anda.
4.Memudahkan dalam Memberikan Feedback Secara
Langsung
Sosial media untuk
bisnis memberikan akses kepada feedback positif maupun negatif dari konsumen,
yang merupakan informasi berharga dari sudut pandang konsumen. Sebagai contoh,
jika meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui sosial media, maka secara
instan bisa langsung mengetahui pendapat konsumen. Cara lain untuk mengetahui
perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara mereka menggunakan
produk Anda. Dengan begini respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis
anda bisa terlihat dengan jelas.
5.Mengembangkan Target Pasar dan Selangkah Lebih
Maju dari Kompetitor
Dengan sosial media bisa
mendapatkan informasi penting dari kompetitor, yang kemudian dapat meningkatkan
strategi pemasaran. Dengan cara ini, bisa menganalisa teknik apa saja yang
digunakan oleh kompetitor dan melakukan hal yang lebih baik dari yang mereka
lakukan. Selain itu juga bisa menggunakan sosial media untuk teknik pemasaran
yang sedikit nakal, yaitu untuk melihat kelebihan & kekurangan kompetitor.
6.Membantu Meningkatkan Pengunjung Website dan
Ranking Search Engine
Salah satu keuntungan
terbesar dari sosial media bagi bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung
website. Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Anda dapatkan. Apabila informasi
yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’
di sosial media. Meskipun tidak signifikan tetapi media sosial juga bisa
meningkatkan ranking website dengan memberikan sinyal positif kepada search
engine.
7.Bagikan Informasi Lebih Cepat dengan Sosial
Media
Sebelumnya proses
pemasaran mengalami kendala untuk menyajikan informasi kepada konsumen dalam
waktu yang singkat. Kini dengan adanya sosial media, penyampaian informasi
kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat. Saat menggunakan sosial media
untuk bisnis, khususnya untuk membagikan informasi mengenai bisnis, cukup klik
tombol ‘share’ pada setiap sosial media yang digunakan. Pastikan bahwa
informasi yang dibagikan sesuai dengan minat target konsumen.
8.Membantu Konsumen Menjangkau Bisnis
Sosial media mampu
menjangkau siapapun yang menggunakannya, terlepas apakah itu calon konsumen
ataupun bisnis lain yang juga membutuhkan jasa atau produk bisnis. Konsumen
dapat memanfaatkan sosial media dalam melakukan pencarian produk atau jasa yang
dibutuhkan. Kini pengguna smartphone semakin meningkat bersamaan juga dengan
akses ke sosial media, alasannya sederhana yakni karena lebih praktis. Begitu
pula dengan pencarian produk atau brand, kini konsumen selalu berusaha mencari
informasi sebuah brand di sosial media. Hal ini biasanya dilakukan sebelum
memutuskan untuk membeli atau menggunakan suatu produk.
Konsumen melakukan hal
ini untuk mencari tahu reputasi brand Anda di sosial media, seperti berapa
banyak follower, seperti apa komentar konsumen lain, informasi produk terbaru
dan hal lainnya. Selain untuk melihat reputasi, konsumen juga menggunakan
sosial media untuk mengukur seberapa terpercayanya brand Anda.
9.Lebih Dekat dengan Konsumen Melalui Sosial
Media
Sosial media merupakan
sarana yang sesuai untuk menciptakan hubungan dengan konsumen. Contohnya,
sosial media membantu bisnis agen perjalanan wisata untuk berkomunikasi dengan
wisatawan. Hubungan dengan konsumen dibangun sebelum, pada saat, dan setelah
konsumen menggunakan jasa mereka. ‘Sebelum’ adalah pada saat calon wisatawan
melakukan riset mengenai lokasi wisata/jasa di sosial media. ‘Pada saat’ adalah
ketika wisatawan berada di lokasi wisata dan ‘setelah’ adalah ketika wisatawan
selesai berwisata dan memosting konten mereka pada saat liburan. Komunikasi
semacam ini sangat memungkinkan dilakukan melalui sosial media saat ini
dibandingkan hanya melalui pemasaran konvensional.
10.Meningkatkan Brand Awareness dan Promosi
dengan Biaya yang Minim
Sosial media membantu
bisnis untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang
hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah waktu. Pasalnya
membangun brand dengan sosial media setidaknya membutuhkan tenaga, proses dan waktu
yang tidak singkat. Meskipun tanpa biaya, yang dimaksud disini adalah ketika benar-benar
melakukan promosi di sosial media tanpa menggunakan iklan. Hal ini sangat mungkin
dilakukan dan hasilnya bisa jauh lebih baik daripada mengandalkan iklan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar