KONSULTAN MANAJEMEN
KONSULTAN BABY SHOP
TERPECAYA, +62 813-9864-6177, Faktor - Faktor Pemilihan Harga, Baby Shop Bisnis, Baby Shop Murah, Produk Baby Shop, Faktor Harga, Faktor Harga Baby Shop
FAKTOR - FAKTOR
MEMPENGARUHI PEMILIHAN HARGA - Bagi suatu perusahaan
modern yang akan memperkenalkan dan mendistribusikan produk dari baby shop yang
baru untuk pertama kali di pasaran global, harga jual produk merupakan hal yang
sangat penting bagi sebuah bisnis baby shop anda untuk ditetapkan dengan
maksimal dan seimbang dengan kebutuhan para konsumen. Terlepas dari harga jual,
kualitas suatu produk juga merupakan bagian yang sangat penting agar dapat
bersaing dengan perusahaan lainnya berdasarkan siapa yang memiliki kualitas
terbaik dalam produk yang dijualnya.
Harga
jual sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi para konsumen
dalam keputusannya untuk membeli suatu produk. Para konsumen pasti akan lebih
memilih produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Oleh sebab
itu, perusahaan harus dapat menentukan harga jual produknya dengan tepat. Jika harga
yang ditentukan terlalu tinggi atau mahal maka konsumen tidak ada yang ingin
membeli. Jika harga yang ditentukan terlalu rendah atau murah maka perusahaan
tidak akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya.
Berikut
faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual suatu produk yaitu:
1.Target konsumen
Perusahaan
harus mengetahui tipe-tipe konsumen yang kelak akan menjadi pelanggan
perusahaan itu sendiri. Yang terpenting adalah pembagian konsumen dari ekonomi
kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Diusahakan agar harga jual yang
ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke bawah
dan menengah ke atas agar terjadi keseimbangan. Jika konsumen lebih
mementingkan kualitas produk maka perusahaan dapat lebih meningkatkan kualitas
produknya dengan menetapkan harga yang relatif lebih tinggi sehingga keuntungan
yang diperoleh akan lebih besar. Namun, jika konsumen lebih mementingkan harga
jual produk maka perusahaan dapat memilih kualitas bahan baku produk yang biasa
sehingga harga produksi tidak terlalu mahal namun diproduksi dengan berbagai
variasi yang berbeda, sesuai dengan tren zaman kini. Dengan begitu, harga jual
produk akan relatif lebih murah.
2.Harga jual produk
pesaing
Sebelum
menetapkan harga jual produk, ada baiknya bagi sebuah perusahaan untuk
melakukan riset lapangan terlebih dahulu untuk melihat harga-harga produk yang
ditetapkan oleh pesaing-pesaing yang ada di pasaran. Setelah mengetahui harga
jual rata-rata para pesaing tersebut, penjual bisa menentukan harga jual produk
yang sama dengan para pesaing atau harga jual produk yang lebih tinggi sedikit
namun mengandalkan kualitas bahan baku yang terbaik atau bisa juga harga jual
produk yang lebih rendah sedikit namun dengan kualitas bahan baku yang biasa
dan disertai dengan beragam variasi yang ditampilkan dibanding pesaing-pesaing
lain hingga menarik perhatian konsumen.
3.Biaya hasil produksi
suatu produk
Biaya
yang dikeluarkan oleh perusahaan dari awal pembuatan produk hingga akhir produk
tersebut diperjualbelikan, menjadi bagian terpenting dalam menentukan harga
jual suatu produk. Jangan sampai perusahaan mengalami kerugian atas penetapan
harga jual produknya. Berikut biaya-biaya yang dikeluarkan hingga terciptanya
suatu produk:
4.Biaya produksi
Merupakan
biaya yang dikeluarkan pada saat produk masih dalam tahap produksi. Biaya
produksi meliputi biaya bahan baku produk, biaya tenaga kerja langsung, dan
sebagainya.
5.Biaya pemasaran
Merupakan
biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan atau mempromosikan produk baru sebuah perusahaan.
6.Biaya operasional
Merupakan
biaya yang dikeluarkan untuk membuat bisnis sebuah perusahaan tetap berjalan
seperti biaya gaji karyawan, biaya listrik, biaya pam, biaya telepon, iuran
bulanan, iuran kebersihan, dan lain sebagainya.
7.Biaya pengiriman
Merupakan
biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman produk yang dijual oleh produsen kepada
konsumen. Namun sekarang, kebanyakan dari produsen yang membebankan biaya
pengiriman kepada konsumen. Hal ini dapat dilihat dari transaksi jual beli
online baik melalui web maupun aplikasi belanja.
8.Keuntungan dari
penjualan produk
Selain
faktor-faktor di atas, keuntungan atau laba yang akan didapatkan perusahaan
atas penjualan produknya juga menjadi faktor penting di dalam menentukan harga
jual produk hasil produksi. Perhitungan keuntungan yang akan diperoleh harus
bisa menjadi profit tersendiri bagi perusahaan agar tetap dapat mengembangkan
usaha bisnisnya dengan baik di kemudian hari.
9.Menentukan berapa
pendapatan yang ingin dihasilkan dari produk tersebut
Tetapkan
target pendapatan untuk setiap bulannya. Yang dimaksud dari pendapatan di sini
bukan hanya kembalinya modal, akan tetapi semua pemasukan yang anda peroleh
yang bisa menutup semua biaya yang telah anda keluarkan serta laba atau
keuntungannya.
Tidak
jarang para pengusaha salah mengartikan jika besarnya tingkat penjualan itu
dipengaruhi oleh harga jual produk saja, namun kenyataannya yang menentukan
adalah strategi penjualan yang anda lakukan dan pemilihan konsumen terhadap
produk.
10.Menentukan prioritas
usaha
Dengan
menentukan prioritas usaha, maka anda bisa menentukan besaran harga jual
produk.
Selain
itu anda juga bisa meningkatkan dan memperluas wilayah pemasaran sehingga
keuntungan yang anda dapatkan akan lebih besar dari biasanya.
Namun
sebaiknya harus tetap mempertahankan kualitas produk anda. Jangan ketika usaha
telah meluas tetapi anda ceroboh dalam memperhatikan kualitas produk yang
dihasilkan. Maka resikonya usaha anda akan ditinggal oleh para pelanggan,
karena dianggap tidak lagi bisa dipercaya.
11.Mempertimbangkan
kemampuan konsumen
Dalam
menentukan harga jual produk, sebuah perusahaan tidak semata mata
menetapkannya, akan tetapi mereka perlu melakukan berbagai pertimbangan salah
satunya mengenai kemampuan atau daya beli konsumen.
Semakin
anda tahu keadaan konsumen yang menjadi target pemasaran, maka anda pun juga
akan semakin tahu berapa besaran harga yang bisa anda tetapkan untuk setiap
produknya.
12.Sesuai dengan target
awal
Untuk
bisa menetapkan harga produk hal yang perlu anda pertimbangkan selanjutnya
adalah mengenai target pendapatan yang ingin anda peroleh.
Faktor
faktor lain yang harus anda pertimbangkan adalah mengenai biaya pemasaran dan
biaya promosi
13.Mengetahui harga
kompetitor
Nah,
hal lain yang perlu anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan
harga produk adalah dengan mengetahui harga produk dari kompetitor anda.
Apakah
harga yang mereka tetapkan sebanding dengan produk anda atau tidak. Maka anda
bisa menjadikannya sebagai patokan dalam menentukan harga jual produk nantinya.
Dan
perhatikan juga apakah produk anda memiliki keunggulan atau tidak jika
dibandingkan dengan produk pesaing yang ada. Maka dengan ini sebaiknya anda
bisa menambahkannya sebagai nilai plus dari produk anda agar dapat memenangkan
persaingan bisnis.
14.Menetapkan harga
produk
Yang
tepat dalamlangkah final adalah memonitor harga tersebut secara terus menerus
supaya bisa diketahui tingkat penjualannya dan anda juga bisa melihat berapa
keuntungan yang diperoleh pada akhirnya.
15.Pelanggan
Tidak
bisa di pungkiri bahwa pelanggan merupakan prioritas anda, jadi pastikan bahwa
harga jual yang anda tetapkan akan dapat di terima oleh pelanggan. Artinya
harga menentukan kualitas, yang berarti bahwa harga menentukan kualitas yang
anda tawarkan kepada target pelanggan anda. Jika anda tidak mempertimbangkan
faktor ini, bisa jadi produk yang di tawarkan tidak akan laku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar