Jumat, 16 November 2018

Faktor - Faktor Mempengaruhi Pemilihan Haga | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN MANAJEMEN

KONSULTAN BABY SHOP


TERPECAYA, +62 813-9864-6177, Faktor - Faktor Pemilihan Harga, Baby Shop Bisnis, Baby Shop Murah, Produk Baby Shop, Faktor Harga, Faktor Harga Baby Shop


FAKTOR - FAKTOR MEMPENGARUHI PEMILIHAN HARGA - Bagi suatu perusahaan modern yang akan memperkenalkan dan mendistribusikan produk dari baby shop yang baru untuk pertama kali di pasaran global, harga jual produk merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis baby shop anda untuk ditetapkan dengan maksimal dan seimbang dengan kebutuhan para konsumen. Terlepas dari harga jual, kualitas suatu produk juga merupakan bagian yang sangat penting agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya berdasarkan siapa yang memiliki kualitas terbaik dalam produk yang dijualnya.


Harga jual sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi para konsumen dalam keputusannya untuk membeli suatu produk. Para konsumen pasti akan lebih memilih produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat menentukan harga jual produknya dengan tepat. Jika harga yang ditentukan terlalu tinggi atau mahal maka konsumen tidak ada yang ingin membeli. Jika harga yang ditentukan terlalu rendah atau murah maka perusahaan tidak akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya.
Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual suatu produk yaitu:
1.Target konsumen
Perusahaan harus mengetahui tipe-tipe konsumen yang kelak akan menjadi pelanggan perusahaan itu sendiri. Yang terpenting adalah pembagian konsumen dari ekonomi kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Diusahakan agar harga jual yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke bawah dan menengah ke atas agar terjadi keseimbangan. Jika konsumen lebih mementingkan kualitas produk maka perusahaan dapat lebih meningkatkan kualitas produknya dengan menetapkan harga yang relatif lebih tinggi sehingga keuntungan yang diperoleh akan lebih besar. Namun, jika konsumen lebih mementingkan harga jual produk maka perusahaan dapat memilih kualitas bahan baku produk yang biasa sehingga harga produksi tidak terlalu mahal namun diproduksi dengan berbagai variasi yang berbeda, sesuai dengan tren zaman kini. Dengan begitu, harga jual produk akan relatif lebih murah.
2.Harga jual produk pesaing
Sebelum menetapkan harga jual produk, ada baiknya bagi sebuah perusahaan untuk melakukan riset lapangan terlebih dahulu untuk melihat harga-harga produk yang ditetapkan oleh pesaing-pesaing yang ada di pasaran. Setelah mengetahui harga jual rata-rata para pesaing tersebut, penjual bisa menentukan harga jual produk yang sama dengan para pesaing atau harga jual produk yang lebih tinggi sedikit namun mengandalkan kualitas bahan baku yang terbaik atau bisa juga harga jual produk yang lebih rendah sedikit namun dengan kualitas bahan baku yang biasa dan disertai dengan beragam variasi yang ditampilkan dibanding pesaing-pesaing lain hingga menarik perhatian konsumen.
3.Biaya hasil produksi suatu produk
Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dari awal pembuatan produk hingga akhir produk tersebut diperjualbelikan, menjadi bagian terpenting dalam menentukan harga jual suatu produk. Jangan sampai perusahaan mengalami kerugian atas penetapan harga jual produknya. Berikut biaya-biaya yang dikeluarkan hingga terciptanya suatu produk:
4.Biaya produksi
Merupakan biaya yang dikeluarkan pada saat produk masih dalam tahap produksi. Biaya produksi meliputi biaya bahan baku produk, biaya tenaga kerja langsung, dan sebagainya.
5.Biaya pemasaran
Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan atau mempromosikan produk baru sebuah perusahaan.
6.Biaya operasional
Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membuat bisnis sebuah perusahaan tetap berjalan seperti biaya gaji karyawan, biaya listrik, biaya pam, biaya telepon, iuran bulanan, iuran kebersihan, dan lain sebagainya.
7.Biaya pengiriman
Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman produk yang dijual oleh produsen kepada konsumen. Namun sekarang, kebanyakan dari produsen yang membebankan biaya pengiriman kepada konsumen. Hal ini dapat dilihat dari transaksi jual beli online baik melalui web maupun aplikasi belanja.
8.Keuntungan dari penjualan produk
Selain faktor-faktor di atas, keuntungan atau laba yang akan didapatkan perusahaan atas penjualan produknya juga menjadi faktor penting di dalam menentukan harga jual produk hasil produksi. Perhitungan keuntungan yang akan diperoleh harus bisa menjadi profit tersendiri bagi perusahaan agar tetap dapat mengembangkan usaha bisnisnya dengan baik di kemudian hari.
9.Menentukan berapa pendapatan yang ingin dihasilkan dari produk tersebut
Tetapkan target pendapatan untuk setiap bulannya. Yang dimaksud dari pendapatan di sini bukan hanya kembalinya modal, akan tetapi semua pemasukan yang anda peroleh yang bisa menutup semua biaya yang telah anda keluarkan serta laba atau keuntungannya.
Tidak jarang para pengusaha salah mengartikan jika besarnya tingkat penjualan itu dipengaruhi oleh harga jual produk saja, namun kenyataannya yang menentukan adalah strategi penjualan yang anda lakukan dan pemilihan konsumen terhadap produk.
10.Menentukan prioritas usaha
Dengan menentukan prioritas usaha, maka anda bisa menentukan besaran harga jual produk.
Selain itu anda juga bisa meningkatkan dan memperluas wilayah pemasaran sehingga keuntungan yang anda dapatkan akan lebih besar dari biasanya.
Namun sebaiknya harus tetap mempertahankan kualitas produk anda. Jangan ketika usaha telah meluas tetapi anda ceroboh dalam memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan. Maka resikonya usaha anda akan ditinggal oleh para pelanggan, karena dianggap tidak lagi bisa dipercaya.
11.Mempertimbangkan kemampuan konsumen
Dalam menentukan harga jual produk, sebuah perusahaan tidak semata mata menetapkannya, akan tetapi mereka perlu melakukan berbagai pertimbangan salah satunya mengenai kemampuan atau daya beli konsumen.
Semakin anda tahu keadaan konsumen yang menjadi target pemasaran, maka anda pun juga akan semakin tahu berapa besaran harga yang bisa anda tetapkan untuk setiap produknya.
12.Sesuai dengan target awal
Untuk bisa menetapkan harga produk hal yang perlu anda pertimbangkan selanjutnya adalah mengenai target pendapatan yang ingin anda peroleh.
Faktor faktor lain yang harus anda pertimbangkan adalah mengenai biaya pemasaran dan biaya promosi
13.Mengetahui harga kompetitor
Nah, hal lain yang perlu anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk adalah dengan mengetahui harga produk dari kompetitor anda.
Apakah harga yang mereka tetapkan sebanding dengan produk anda atau tidak. Maka anda bisa menjadikannya sebagai patokan dalam menentukan harga jual produk nantinya.
Dan perhatikan juga apakah produk anda memiliki keunggulan atau tidak jika dibandingkan dengan produk pesaing yang ada. Maka dengan ini sebaiknya anda bisa menambahkannya sebagai nilai plus dari produk anda agar dapat memenangkan persaingan bisnis.
14.Menetapkan harga produk
Yang tepat dalamlangkah final adalah memonitor harga tersebut secara terus menerus supaya bisa diketahui tingkat penjualannya dan anda juga bisa melihat berapa keuntungan yang diperoleh pada akhirnya.
15.Pelanggan
Tidak bisa di pungkiri bahwa pelanggan merupakan prioritas anda, jadi pastikan bahwa harga jual yang anda tetapkan akan dapat di terima oleh pelanggan. Artinya harga menentukan kualitas, yang berarti bahwa harga menentukan kualitas yang anda tawarkan kepada target pelanggan anda. Jika anda tidak mempertimbangkan faktor ini, bisa jadi produk yang di tawarkan tidak akan laku.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...