Jumat, 23 November 2018

Tahapan Untuk Membangun Email Marketing | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN BABY SHOP

TERPECAYA, +62 813-9864-6177, TAHAPAN UNTUK MEMBANGUN EMAIL MARKETING

Email Marketing adalah, Email Marketing Indonesia, Fungsi Email Marketing, Contoh Email Marketing Adalah, Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis 2018, Manajemen Bisnis, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Peluang Usaha, Peluang Usaha 2018, Konsultan Solo, Konsultan Bisnis Di Solo, Baby Shop Jateng Online, Baby Shop Solo Murah




TAHAPAN UNTUK MEMBANGUN EMAIL MARKETINGEmail marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Radicati Group, lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan surat elektronik semacam email. Sebuah pesan komersil yang dikirim kepada pelanggan sehingga mereka akan tahu ada sesuatu yang baru dari produk atau jasa yang Anda berikan. Pesan singkat ini bisa dikirim secara langsung pada email pribadi atau berkelompok. Dalam hal ini Anda membutuhkan daftar email pelanggan lama dan pelanggan baru Anda. 


Untuk mencari daftar email bisa menggunakan layanan subscribe email di blog atau bisa juga menggunakan jasa email marketing yang sekarang ini sudah banyak di internet. Selain digunakan untuk memberikan informasi terbaru pemasaran email bisa juga digunakan untuk menjalin komunikasi antara pelanggan, Jadi bisa kita bilang kalau email adalah salah sarana komunikasi yang sangat baik dan bahkan untuk menjalankan dunia marketing sangat direkomendasikan untuk menjalankan bisnis online.

Berikut langkah-langkah membuat email marketing efektif:
1.Pilih Platform yang Tepat
Sebelum memulai mengirimkan email marketing, Anda perlu menentukan platform email marketing yang paling tepat. Anda tidak bisa mengirimkan email marketing hanya dengan menggunakan bantuan Gmail atau Yahoo karena jumlah email yang Anda kirimkan sangat banyak. Terdapat berbagai platform yang bisa Anda gunakan seperti MailChimp, ConstantContact, OmniSend, BenchMark, dan Zoho Campaign.

2.Grow Your Mailing List
Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membangun email list. Tentu Anda memerlukan alamat email calon konsumen dan konsumen potensial agar dapat mengirimkan email marketing.
Hal ini merupakan tantangan Anda sebagai pemilik bisnis untuk meyakinkan calon konsumen agar bersedia memberikan alamat email mereka. Beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memperoleh alamat email konsumen adalah sebagai berikut :
a.Berikan Tawaran Eksklusif dan Diskon Khusus
Anda dapat memberikan tawaran eksklusif seperti trial 30 hari atau diskon khusus member. Dengan memberikan insentif yang sepadan dengan informasi berharga yang mereka berikan, yaitu alamat email.
b.Adakan Undian atau Kontes
Anda juga bisa mendapatkan email calon konsumen dengan mengadakan undian atau kontes. Tentu undian atau kontes yang diadakan harus berhubungan dengan bisnis yang dijalankan agar Anda mendapatkan email dari calon-calon konsumen potensial.
c.Berikan Konten Gratis
Cara lain yang dapat diterapkan adalah dengan memberikan konten gratis. Anda dapat memberikan konten gratis seperti video tutorial, template, ataupun e-book. Niagahoster sendiri memberikan e-book gratisdengan syarat pengunduh harus mendaftarkan nama dan emailnya terlebih dahulu.

3.Segmentasi Konsumen
Dari sekian banyak alamat email yang diperoleh, terdapat berbagai jenis konsumen. Anda perlu mengelompokkan konsumen-konsumen ini untuk meningkatkan efektivitas email marketing yang akan dikirimkan. Segmentasi konsumen dapat dibuat berdasarkan beberapa aspek seperti tipe konsumen, minat, lokasi, atau engagement.
a.Tipe Konsumen
Terdapat empat tipe konsumen, yaitu konsumen potensial, konsumen baru, konsumen loyal, dan konsumen tidak aktif. Konsumen potensial adalah yang belum melakukan pembelian, sedangkan konsumen baru adalah yang baru melakukan pembelian untuk pertama kali. Konsumen loyal adalah yang melakukan pembelian produk secara reguler, sedangkan konsumen tidak aktif adalah yang tidak melakukan pembelian dalam kurun waktu yang cukup lama.
b.Minat Konsumen
Semakin banyak konsumen, semakin beragam juga minat yang mereka miliki. Apalagi jika Anda mengelola bisnis online dengan pilihan produk bermacam-macam. Anda perlu memahami minat konsumen agar dapat membuat email marketing yang lebih personal. Email yang dikirimkan tentu akan gagal jika Anda salah dalam menganalisis minat konsumen.
c.Lokasi
Segmentasi berdasarkan lokasi biasanya dilakukan oleh bisnis online yang juga memiliki toko fisik yang tersebar di berbagai lokasi. Promo dan penawaran khusus di lokasi A mungkin berbeda dengan promo di toko B. Dengan begitu, Anda dapat membuat email marketing yang mendorong konsumen untuk membeli di toko fisik dengan kupon tertentu.
d.Engagement
Ketika Anda mengirimkan email marketing, terdapat dua kemungkinan, yaitu konsumen membacanya atau tidak. Segmentasi berdasarkan engagement ini berfungsi untuk menjangkau konsumen yang tidak membuka email yang Anda kirimkan. Anda bisa menawarkan kembali diskon khusus atau penawaran spesial untuk tipe konsumen ini. Jika konsumen tidak segera memberikan tanggapan dalam kurun waktu tertentu, Anda dapat menghapusnya dari list. Hal ini bertujuan memangkas biaya yang dikeluarkan untuk mengirimkan email kepada calon konsumen tidak potensial.

4.Buat Konten Menarik
Diperlukan konten yang bagus dan efektif untuk dapat merubah penerima email marketing menjadi konsumen. Tentu konten email harus disesuaikan dengan segmentasi konsumen yang sudah dibuat sebelumnya. Secara umum, terdapat beberapa komponen konten email marketing yang harus ada, apapun tipe konsumen yang dijangkau. Komponen-komponen tersebut adalah:
a.Format
Anda harus memastikan format email yang Anda kirimkan nyaman untuk dilihat di perangkat desktop maupun mobile, mengingat banyaknya konsumen yang membuka email melalui ponsel seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.
b.Subject Email
Subject email adalah komponen yang pertama dibaca oleh konsumen sehingga Anda perlu membuatnya semenarik mungkin, tetapi tetap sesuai dengan tujuan yang ingin diraih.
c.Badan Email
Anda juga harus membuat konten email yang singkat dan jelas agar konsumen paham apa yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan gambar agar lebih menarik. Jangan membuat email yang bertele-tele agar email tidak hanya dibuka, tetapi dibaca juga.
d.Call to Action
Call to Action di konten email penting agar konsumen tahu apa yang harus dilakukan setelah memahami penawaran yang diberikan. Supaya konsumen tidak terlalu banyak men-scroll email, ada baiknya meletakkan CTA di bagian awal email. Selain itu, sebaiknya menggunakan gambar untuk CTA agar lebih menarik.

5.Memelihara Komunikasi dengan Konsumen
Melalui email marketing, Anda dapat membangun komunikasi yang lebih personal dengan konsumen. Banyak ide konten email marketing yang dapat diterapkan agar konsumen tidak bosan dengan konten yang selalu sama.

6.Evaluasi Email Marketing
Setelah mengirimkan email marketing kepada konsumen, Anda juga perlu memeriksa dan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan email yang dikirimkan. Hal ini diperlukan sebagai dasar untuk pengiriman email marketing selanjutnya agar semakin efektif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...