KONSULTAN MANAJEMEN
KONSULTAN BABY SHOP
TEPERCAYA, +62 813-9864-6177, Bisnis Online, Baby Shop
Online, Promosi di Instagram, Bisnis Baby Shop, Manajemen Baby Shop, Memulai
Bisnis, Bisnis Online Baby Shop
UPAYA MEMULAI BISNIS BABY
SHOP SECARA ONLINE - Internet yang saat ini memunculkan
dunia virtual, mampu mendorong anda untuk membangun bisnis dengan lebih cepat
dan dapat dijadikan sumber penghasilan utama. Bagi para pemula, membangun
sebuah bisnis online itu pasti terasa sulit karena tidak tahu harus melakukan
apa dan dari mana harus memulainya. Sebenarnya ada beberapa tutorial online
yang mengajarkan tentang cara mengembangkan bisnis online tertentu. Sebaiknya
kita mengetahui dan menentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan
dijalankan karena model bisnis online itu sebenarnya sangat banyak dengan
tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
Bisnis
online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online
(melalui internet). Aktivitas bisnis online ini bisa meliputi kegiatan jual
beli online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis
lainnya yang bisa kita temukan di online di berbagai bidang industri. Intinya,
jika anda memiliki suatu ide bisnis maupun produk yang unik, anda bisa langsung
memulai menjualnya lewat internet. Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa
yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada
masyarakat dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan atau laba.
Fungsi Bisnis
Semua
kegiatan bisnis berfungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya kurang bernilai
menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat
setelah diolah. Adapun beberapa fungsi bisnis adalah sebagai berikut :
a.Form
Utility, yaitu fungsi produksi dimana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang
atau jasa yang dibutuhkan masyarakat.
b.Place
Utility, yaitu fungsi distribusi dimana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang/
jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen.
c.Possessive
Utility, yaitu fungsi penjualan dalam bisnis.
d.Time
Utility, yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, dimana barang
pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang
tersebut lebih bermanfaat.
Tujuan Bisnis
Tujuan
utama dari semua bisnis adalah untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang
dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun beberapa tujuan bisnis adalah
sebagai berikut:
a.Untuk
memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
b.Untuk
pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
c.Untuk
mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
d.Menciptakan
lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
e.Untuk
menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
f.Untuk
meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
g.Untuk
menunjukkan prestise dan prestasi.
Berikut Cara Memulai
Bisnis Baby Shop Secara Online
1.Membangun
Blog atau Website
Website
adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa
diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website
merupakan salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet
dalam pendistribusiannya. Website atau web ialah kumpulan halaman yang
menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi,
suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun
dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing
dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.
Belajar
membangun sebuah blog atau website dengan topik tertentu dan memberikan manfaat
bagi pembaca adalah sesuatu yang tidak terlalu sulit. Setelah blog atau website
anda memliki banyak pengunjung, anda bisa mengelola blog tersebut dengan banyak
cara. Beberapa cara mengelola blog anda adalah dengan memasang iklan, misalnya
menjadi publisher dan memasang iklan PPC Google adsense, iklan produk sendiri,
iklan affiliasi, menjual jasa artikel review, dan lain-lain.
2.Memiliki
Mindset Bisnis yang Benar
Jika
anda ingin membangun bisnis online anda harus menerapkan mindset yang benar
agar tidak terjadi salah kaprah kedepannya. Kita juga harus berpikir untuk
membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk anda. Jangan
sampai ketika kita sudah berhasil membangun usaha sampai susah payah, namun
akhirnya mengorbankan hal-hal lainnya hanya karena kesibukan kita mengurus
bisnis.
Fokus
merupakan mindset yang sudah pasti dimiliki oleh semua pebisnis online yang
sukses. Pebisnis online yang sukses hanya fokus ke tujuan mereka. mereka
meluangkan sebagian besar pikiran mereka hanya untuk bisnis online mereka.
Dengan fokus berarti anda memberikan segala upaya dan perhatian kepada tujuan
anda. Dengan memfokuskan pikiran ke tujuan anda tersebut, maka pikiran akan
membantu anda mencari jalan untuk sampai kepada tujuan yang ingin anda capai.
3.Iklan
Banner
Iklan
banner adalah sebuah mekanisme pemasaran yang berisi unit iklan gambar atau grafis
yang ditempatkan pada halaman web dan sangat populer di World Wide Web. Jenis
iklan umumnya mengambil sejumlah besar bandwidth dan kadang-kadang mengganggu
pengguna web.
Pada
dasarnya banner iklan memiliki fungsi yang sama dengan kolom iklan pada media
cetak seperti koran ataupun majalah. Perbedaannya, calon customer dapat
berinteraksi secara langsung melalui banner iklan, baik itu membeli maupun
sekedar melihat produk yang diiklankan. Anda bisa gunakan Banner iklan ini
untuk memancing pengunjung masuk ke halaman layanan ataupun halaman produk
Anda.
Bentuk
lain dari iklan banner dikenal sebagai “pemasaran”. Ini menampilkan iklan
banner kepada pengunjung yang telah mengunjungi ke situs anda dan pergi tanpa
mengambil tindakan (membeli sesuatu atau mendaftar untuk newsletter anda
misalnya). Dengan penandaan pengunjung ketika mereka tiba di situs anda, anda
kemudian dapat mengikuti mereka di web dengan iklan.
4.Menentukan
email marketing
Email
marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon
pelanggan anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia anda. Email
marketing juga cara yang bersifat personal untuk berkomunikasi dengan pelanggan
anda. Tidak sembarang orang atau perusahaan mendapat suatu alamat email. Jika
mendapatkan alamat email pun mereka mengirim sebuah pesan berdasarkan izin dari
pengguna email yang tertuju.
Hal
pertama yang paling penting untuk anda atau perusahaan anda lakukan adalah
meminta izin pada pelanggan atau calon pelanggan anda. Izin ini harus memuat
jelas inti pesan Anda, jelaskan topik atau macam pesan seperti apa yang akan
anda atau perusahaan anda kirimkan pada mereka melalui email marketing anda
jika mereka mengizinkannya.
5.Mengoptimalkan
Tingkat Konversi
Tingkat
konversi (conversion rate) pada sebuah website adalah presentase pengunjung
yang datang ke website anda dan melakukan tindakan yang diinginkan. Bentuk
tindakan pengunjung dapat berbeda-beda dan bervariasi pada setiap website.
Mulai dari melakukan transaksi (pembelian produk), langganan newsletter, download
software, pendaftaran keanggotaan, dll. Tingkat konversi yang tinggi bergantung
pada berbagai faktor dimana keseluruhan faktor tersebut harus memperlihatkan
hasil yang memuaskan dan sesuai dengan yang diinginkan. Seperti tingkat
ketertarikan pengunjung, tawaran yang menarik, dan kemudahan dalam melakukan
aktivitas di website anda.
Untuk
memperoleh tingkat konversi yang tinggi, anda perlu melakukan pendekatan
terstruktur terhadap optimasi konversi. Mengoptimalkan tingkat konversi website
dapat memberi banyak keuntungan terhadap bisnis anda termasuk meningkatkan
penjualan. Berikut cara mengoptimalkan tingkat konversi :
a.Melakukan
penelitian
b.Mencari
hasil pencarian
c.Menemukan
pengunjung terbaik
d.Menggunakan
Landing Pages
e.Menggunakan
menu options
f.Melakukan
split tasting
g.Perhatikan
bahasa
6.Sosial
Media
Sosial
media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan
secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa
dibatasi ruang dan waktu. Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan
masyarakat saat ini. Apabila anda dapat memnfaatkan media sosial, banyak sekali
manfaat yang anda dapat, sebagai media pemasaran, dagang, mencari koneksi,
memperluas pertemanan, dll. Orang yang pintar memanfaatkan media sosial dalam
bisnis ini adalah untuk mempermudah hidupnya, memudahkan dalam penjualan produk,
mencari kerja, mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja, mendapatkan
keuntungan dari berbisnis online, dll.
Sosial
media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi
bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi informasi kepada pengunjung atau
follower bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah
bisnis. Banyak Industri di seluruh dunia telah menemukan cara bagaimana sosial
media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala
aspek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar