KONSULTAN BABY SHOP
TERNAMA, +62 813-9864-6177, TIPS MENGATASI KARYAWAN SUSAH DIATUR
Konsultan Bisnis, Tindakan
Dalam Mengelola Kinerja Karyawan, Mengelola Kinerja Karyawan, Baby Shop
Jakarta, Baby Shop di Jakarta, Bisnis
Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta,
Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta
Mengatasi Karyawan Susah
Diatur - Bisa jadi sebagian para Karyawan dalam suatu
perusahaan begitu senangnya bekerja, sementara sebagian lainnya tidak. Mengapa
ada yang sulit atau kurang bergairah bahkan sebagai penganggu suasana kerja.
Misalnya sulit mengerti dan memahami kehendak pimpinan, sulit diatur, sulit
bekerjasama, sulit untuk disiplin, sulit bekerja rapih, dsb. Berdasarkan hal
itu maka ada beberapa tipe karyawan yang tergolong sulit antara lain adalah
pengertak atau pengganggu, pengeluh, penunda pekerjaan, sok mengetahui segalanya, pendiam, apatis,
sensitif berlebihan dan manipulator.
Namun
banyak juga dari karyawan bias mengatakan yang sulit sebenarnya manajer
pegawai, bukan karyawan. Kalau terjadi
saling mencurigai maka berarti ada yang salah dalam perusahaan, pribadi
pimpinan, dan juga pribadi karyawan. Artinya dilihat dari sisi perusahaan dan
pimpinan ada suasana kerja yang tidak menyenangkan. Apakah karena faktor gaya
kepemimpinan, imbalan, atau fasilitas kerja. Sementara dari pribadi karyawan berarti ada motivasi
dan kepuasan kerja yang kurang. Kalau hal itu dibiarkan maka pada gilirannya
akan menimbulkan kinerja karyawan dan perusahaan yang rendah.
Mengapa
strategi meningkatkan produktivitas kerja karyawan sangatlah penting untuk Anda
pikirkan? Produktivitas karyawan adalah tumpuan utama dalam bisnis Anda. Tanpa
karyawan yang produktif, bisnis Anda beresiko macet atau bahkan berhenti.
Bayangkan jika tim marketing yang harusnya melakukan penjualan tiba-tiba bolos
selama berminggu-minggu. Tentu, omzet bisnis Anda akan menurun secara perlahan.
Atau,
customer service Anda yang harusnya melayani pelanggan secara ramah, tiba-tiba
bekerja setengah-setengah dan meluapkan amarah ketika menerima komplain dari
pelanggan. Tentu citra perusahaan Anda akan turun di mata pelanggan.
Ingat:
buruknya kinerja karyawan akan berpengaruh buruk terhadap roda bisnis yang Anda
jalankan. Karena itulah, memacu semangat dan produktifitas karyawan menjadi hal
yang sangat penting untuk dilakukan.
Tips Mengatasi Karyawan
Yang Susah Diatur
1. Pahami temperamen
karyawan
Tips
pertama rahasia mengatasi karyawan bermasalah adalah pahami tempramen karyawan.
Seorang karyawan adalah manusia yang memiliki temperamen atau sifat alami yang
dibawa sejak lahir. Secara umum karakter manusia dibagi menjadi empat, yakni
Sanguinis, Kholeris, Melankolis, serta Plegmatis. Kenyataannya,temperamen
manusia tidak hanya satu namun bercampur. Temperamen ini tidak dapat hilang
karena ini merupakan pembawaan alami yang dimiliki semua manusia. Memahami
temperamen karyawan adalah tugas penting yang harus dilakukan para pemimpin
perusahaan terlebih lagi ketika perekrutan kerja. Dengan mengenali karakter
serta temperamen mereka akan memudahkan anda sebagai pemimpin untuk mengenal
lebih dalam bagaimana karakter karyawan anda serta mengatur karyawan dalam hal
mengatur kinerja mereka.
2. Menunjukan sikap
peduli
Rahasia
mengatasi karyawan bermasalah kedua adalah dengan menunjukkan sikap peduli. Hal
kedua untuk mengatasi karyawan yang bermasalah adalah dengan memahami masalah
apa sajakah yang sedang dihadapi karyawan. Tidak hanya masalah saja, namun juga
kebutuhan apa saja yang dibutuhkan karyawan. Kadang masalah yang sedang
karyawan hadapi bukan hanya disebabkan karena banyaknya tekanan didalam
perusahaan namun juga karena karyawan memiliki permasalahan sendiri yang
berasal dari luar perusahaan hingga akhirnya bisa berdampak pada pekerjaan
mereka. Untuk itu sebagai seorang pemimpin anda juga harus tanggap dengan
permasalahan yang sedang dihadapi karyawan anda, anda dapat melakukannya dengan
cara menanyakan kabar, menanyakan maslah yang sedang dihadapi atau memulai
topic pembicaraan ringan, dengan begitu mereka akan merasa bahwa anda memiliki
kepedulian terhadap karyawan.
3. Heart to Heart
Selanjutnya
setelah mengenali masalah apa yang sedang dihadapi karyawan, hal selanjutnya
yang dapat anda lakukan untuk mengatasi karyawan yang bermasalah adalah dengan
mengajak mereka untuk sharing atau berbicara dari hati ke hati. Ajaklah mereka
untuk mengobrol secara intens.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar