KONSULTAN BABY SHOP
TERNAMA, +62 813-9864-6177, APA ITU STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ?
Standar Operasional
Prosedur Adalah, Baby Shop di Jakarta, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta,
Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta
Standar Operasional
Prosedur - Setiap perusahaan bagaimanapun bentuk dan apapun
jenisnya, pasti membutuhkan sebuah panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi
setiap elemen atau unit perusahaan. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah
sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan, dan menertibkan pekerjaan
tersebut. Di bawah ini akan kita bahas tentang pengertian, manfaat, cara
pembuatan, dan contoh dari SOP.
Manfaat SOP
Menurut
penjelasan menteri pendayagunaan
aparatur negara (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008), manfaat SOP secara umum bagi organisasi
adalah:
1.
Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan
khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
2.
SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi
manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan
proses sehari-hari.
3.
Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam
melaksanakan tugas.
4.
Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret
untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah
dilakukan.
5.
Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat
melakukan tugasnya.
6.
Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
7.
Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan
pemberian pelayanan sehari-hari.
8.
Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
9.
Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan
pelayanan. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.
Cara Membuat SOP
Dalam
PERMENPAN PER/21/M-PAN/11/2008 disebutkan bahwa pembuatan SOP harus memenuhi
prinsip-prinsip antara lain adalah kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan
efektivitas, keterukuran, keselarasan, berorientasi kepada pengguna, dinamis,
kepatuhan terhadap hukum, dan kepastian hukum. Adapun cara-cara yang bisa
digunakan untuk membuat SOP tanpa terlepas dari anjuran PERMENPAN adalah:
1.
Membuat Susunan Kerja
Mintalah
pada seluruh manajer atau kepala bagian dalam perusahaan Anda agar berbicara
dengan bawahannya untuk menentukan hal-hal apa yang harus dibahas dalam SOP.
2.
Merencanakan Alur Proses
Dengan
cara menentukan format, menyetujui format dan membuat template, menetapkan alur
proses, menentukan bagaimana SOP tersebut akan diakses.
3.
Lakukan Wawancara
Melakukan
wawancara terhadap karyawan untuk mengetahui apa saja aktivitas harian mereka
dalam pekerjaan dan bagaimana mereka bekerja.
4.
Tulis, Bahas & Sosialisasikan
Setelah
melakukan wawancara dan memeriksa dokumen tata laksana kerja, maka perusahaan
mulai bisa menulis SOP, membahas kembali dengan pihak-pihak terkait dan melihat
apakah masih ada kesenjangan peraturan antara pihak pegawai dan perusahaan.
Apabila sudah ada kesepakatan maka sudah bisa mulai disosialisasikan.
5.
Adakan Pelatihan
Setelah
disepakati dan disosialisasikan, maka perlu diadakan pelatihan agar SOP bisa
berjalan dengan baik dan benar sesuai apa yang diharapkan.
6.
Evaluasi
Setidaknya
dalam jangka waktu setahun sekali, pihak perusahaan harus mengadakan evaluasi
terhadap relevansi berjalannya SOP. Apakah ada hal yang harus ditambah atau
dihilangkan.
Prosedur
Kerja
1.
Pekerja masuk dari Hari Senin Hingga Jumat.
2.
Pukul 9:00 semua pekerja sudah harus sampai di kantor.
3.
Pukul 12.00-13.00 semua pekerja diperbolehkan untuk istirahat, dan pada Hari
Jumat, pekerja diperbolehkan istirahat hingga pukul 13.30.
4.
Pukul 18.00, pekerja diperbolehkan pulang, dan bagi yang pekerjaannya belum
selesai diperbolehkan untuk lembur.
5.
Lembur di atas pukul 19.00 akan dibayar sesuai peraturan perusahaan.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar