KONSULTAN BABY SHOP
TERNAMA, +62 813-9864-6177, PENYEBAB TERHAMBATNYA PELAKSANAAN SOP DALAM PERUSAHAAN DAN CARA MENGATASINYA
Standar Operasional Prosedur Adalah, Baby Shop di Jakarta, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta
Penyebab Terhambatnya
Pelaksaan SOP - SOP merupakan singkatan untuk standar
operasional prosedur. SOP ini merupakan dokumen yang digunakan untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan yang ditetapkan oleh perusahaan. SOP juga bisa
diartikan sebagai panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi perusahaan. Setiap
perusahaan pasti memiliki SOP sendiri-sendiri tergantung kebutuhannya. SOP tiap
perusahaan biasanya berbeda satu dengan lainnya namun prosentase perbedaannya
hanyalah kecil.
Manfaat SOP
Manfaat
SOP ini lumayan banyak dan terbukti meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu
mampu juga meningkatkan efisiensi tugas
dan tanggung jawab setiap karyawan yang bekerja dalam perusahaan anda. Manfaat
lain dari SOP ini juga bisa anda temukan dalam ulasan berikut ini :
1.Meningkatkan
Akuntabilitas dan Transparansi
Adanya
SOP mampu meningkatkan transparansi transaksi dalam perusahaan anda. SOP juga
bisa dijadikan bentuk tanggung jawab individu dalam pekerjaannya.
2.Sebagai
Pedoman
SOP
juga bermanfaat membantu karyawan baru untuk lebih mudah beradaptasi dalam
mekanisme kerja perusahaan. SOP juga mampu meningkatkan ukuran standar kinerja
pegawai sehingga pelayanan yang diberikan bisa lebih maksimal.
3.Menghindari
Tumpah Tindih Pekerjaan
SOP
juga bisa digunakan untuk menghindari tumpah tindih pekerjaan antara satu
karyawan dengan karyawan lainnya.
4.Jobdesk
lebih Jelas
Adanya
SOP juga memberikan informasi alur tugas, wewenang dan tanggung jawab yang
jelas setiap individu. Inilah yang membuat setiap individu mampu lebih fokus
dalam pekerjaannya.
5.Mendeteksi
Hambatan Pekerjaan
SOP
juga digunakan untuk mendeteksi hambatan yang dialami perusahaan. Dengan
mengetahui hambatan ini perusahaan bisa menemukan solusi untuk memecahkan
hambatan tersebut.
Hambatan Pelaksanaan SOP
Walaupun
memiliki segudang manfaat sayangnya ada pula permasalahan yang timbul sehingga
pelaksanaan SOP jadi gagal untuk diimplementasikan. Hambatan pelaksanaan SOP
yang umumnya terjadi adalah sebagai berikut :
1.Partisipan
Yang Belum Siap
Hambatan
pertama bisa saja muncul dari para partisipan SOP ini atau pihak yang
menjalankannya yang belum mengerti dan memahami SOP yang telah ditetapkan.
Sumber daya manusia yang kurang memahami bagaimana alur SOP membuatnya hanya
mangkrak di tengah jalan. Solusi terhadap hambatan ini adalah penting untuk
melakukan training bagi karyawan sehingga mereka bisa mengerjakan jobdesk yang
ditugaskan dengan baik. Beberapa perusahaan bahkan mentraining karyawan baru
untuk mengikuti SOP hingga 1 tahun lamanya.
2.Tak
Berlakunya Reward dan Punishment
SOP
gagal diimplementasikan bisa saja karena kurang tegasnya aturan yang
ditetapkan. Untuk itu penting bagi anda untuk memberlakukan reward dan
punishment. Bagi mereka yang melanggar akan mendapatkan hukuman tersendiri dan
bagi mereka yang mampu mengikuti SOP dengan baik perlu mendapatkan apresiasi
berupa hadiah. Inilah yang membuat perusahaan gemar mengadakan event seperti
employee of the year sebagai motivasi karyawan dalam bekerja.
3.Sistem
Yang Belum Sempurna
Hambatan
pelaksanaan SOP bisa juga timbul dari sistem itu sendiri. Mungkin saja sistem
yang anda pakai tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga timbul
kekurangan disana-sini. Anda bisa melakukan evaluasi sistem setiap bulannya
untuk mendeteksi kekurangan dari sistem lama yang digunakan. Bentuk tim audit
tersendiri yang khusus bertugas untuk mengaudit SOP perusahaan sehingga SOP
yang kurang sempurna bisa disempurnakan.
4.Kurang
Pengawasan
SOP
juga bisa terhambat jika anda tidak mengawasi jalannya SOP tersebut. Inilah
yang membuat peran supervisor menjadi sangat penting bagi perusahaan. Tentunya
jabatan sebagai pengawas ini harus ditujukan pada orang yang memiliki ketegasan
dan kedisiplinan tinggi. Tak hanya karyawan di bawah anda saja yang harus
mengikuti SOP namun anda sendiri juga
harus mengikuti SOP.
5.Cara
Penyampaian SOP Kurang Menarik
Cara
penyampaian SOP juga harus menarik dan tidak membosankan jika anda ingin SOP
ini segera diimplementasikan. Jangan hanya menggunakan chart flow atau diagram
namun pakai pula daftar checklist atau instruksi kerja. Dengan menggunakan
checklist anda juga bisa mendeteksi kekurangan dokumen dan lebih efektif
ketimbang hanya mengingat dari diagram.
6.SOP
Dibuat Dari Sudut Pandang Satu Sisi Saja
Gagalnya
SOP untuk diimplementasikan bisa saja karena hanya dirancang dari sudut pandang
perusahaan. Dalam merancang SOP anda juga perlu mempertimbangkan sudut pandang
klien yang menikmati produk anda. Dengan memperhatikan dua sisi yang berbeda
maka juga mampu meningkatkan pelayanan dari segi konsumen.
Cara Menyusun SOP
Dalam
menyusun SOP anda bisa menggunakan anjuran PERMENPAN seperti dimulai dari
membuat susunan kerja. Jika perusahaan anda merupakan perusahaan skala besar
dengan banyak divisi maka minta bagian manajer atau kepala bagian untuk
menentukan topik SOP dalam setiap divisi. Selanjutnya rencanakan alur proses
kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui bagaimana karyawan anda
biasanya bekerja. Setelah itu tulis kemudian diskusikan dan sosialisasikan
dengan mengadakan pelatihan. Tidak lupa lakukan evaluasi untuk mengetahui
apakah karyawan bisa mengikuti SOP yang ditetapkan atau tidak. Dari evaluasi
ini perusahaan juga bisa mengetahui apakah SOP memiliki kelemahan atau tidak.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar