KONSULTAN BABY SHOP
BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, MELAKUKAN RISET PEMASARAN
Konsultan,
Manajemen Konsultan Indonesia, Konsultan Bisnis, Bisnis Ritel Modern, Riset
Pemasaran, Konsultan Bisnis di Indonesia, Konsultan Bisnis di Sidoarjo,
Konsultan Bisnis di Surabaya, Konsultan Bisnis di Malang.
Langkah
Melakukan Riset Pemasaran - Riset pemasaran
merupakan kegiatan penelitian dalam bidang pemasaran. Riset pemasaran harus
dilakukan secara sistematis, yakni mulai dari perumusan masalah, perumusan
tujuan, pengumpulan data, pengolahan data, hingga interpretasi dari hasil riset
pemasaran yang diperoleh. Riset pemasaran dilakukan sebagai upaya memberi
masukan bagi pihak manajemen. Dengan adanya riset pemasaran, pihak manajemen akan
mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang
masih sesuai dilakukan untuk merebut peluang.
Banyak orang yang seringkali masih bingung
dengan istilah riset pemasaran. Riset pemasaran (marketing research) seringkali
disamakan dengan riset pasar (market research), padahal keduanya merupakan
istilah yang berbeda. Riset pasar berfokus pada pasar yang telah ditentukan
secara spesifik. Sementara, riset pemasaran memiliki arti yang lebih luas.
Riset pemasaran tidak hanya terpaku pada aspek pasar atau produk, namun juga
mencangkup hal-hal di luar itu. Singkatnya, riset pasar bisa disebut sebagai
bagian dari riset pemasaran.
Fungsi
Riset Pemasaran
Riset pemasaran merupakan sebuah langkah
penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk membantu menyusun
perencanaan pemasaran. Program pemasaran pada tahun yang baru biasanya turut
dipengaruhi oleh hasil riset pemasaran yang dilakukan perusahaan di akhir
tahun. Riset pemasaran dapat diibaratkan sebagai mata dan telinga perusahaan untuk
mengetahui bagaimana pandangan dan keinginan konsumen terhadap perusahaan.
Riset pemasaran memiliki tiga fungsi utama, yaitu:
a. Evaluating
Fungsi riset pemasaran yang pertama adalah
evaluating. Riset pemasaran yang dilakukan untuk fungsi ini biasanya digunakan
untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya.
Fungsi evaluating dalam riset pemasaran ini juga termasuk ketika perusahaan
ingin melakukan review terhadap brand positioning yang dibandingkan dengan
produk pesaing.
b. Understanding
Fungsi riset pemasaran kedua adalah
understanding. Fungsi riset pemasaran ini menekankan pada tujuan untuk memahami
konsumen sebagai salah satu insight atau masukan yang sangat penting bagi
perusahaan. Dengan memahami konsumen, perusahaan akan mengetahui apa yang
menjadi kebutuhan dan keluhan konsumen. Dalam menjalankan fungsi ini, riset
pemasaran yang dilakukan biasanya adalah riset yang menggambarkan potret
kebiasaan dan perilaku konsumen serta harapan dan keluhan mereka terhadap
produk.
c. Predicting
Fungsi riset pemasaran ketiga adalah
predicting. Fungsi riset pemasaran yang terakhir ini merupakan fungsi yang
sebenarnya paling sulit untuk dilakukan. Dunia ini penuh dengan ketidakpastian,
sehingga prediksi yang dilakukan dalam riset pemasaran sangatlah berisiko
karena sifatnya yang sangat relatif. Ketika sebuah brand ingin membidik pasar
baru, maka riset pemasaran selalu dijadikan bahan acuan utama. Begitu pun
ketika perusahaan ingin menyusun strategi pemasaran baru, riset pemasaran masih
menjadi penilaian utama.
Langkah
sistematis yang harus dilakukan dalam menjalankan riset pemasaran diantaranya
adalah sebagai berikut :
1.
Merumuskan Masalah
Hal pertama kali yang harus dilakukan
untuk menjalankan riset pemasaran adalah merumuskan masalah. Proses perumusan
masalah ini sangat penting untuk dilakukan agar kita mengerti betul dengan
tujuan yang akan dicapai setelah riset selesai. Pada dasarnya riset disusun
untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas sebagai kesimpulan atas permasalahan
yang sedang kita hadapi dalam bisnis.
Misalnya permasalahan kita adalah ingin
menentukan besarnya biaya yang akan digunakan untuk promosi atau iklan.
Perumusan masalahnya adalah bagaimana cara mengetahui besarnya biaya yang
diperlukan. Sedangkan kesimpulan yang akan didapat adalah dalam bentuk kisaran
nilai dari biaya promosi yang paling ideal.
2.
Menentukan Desain Riset
Desain riset dibutuhkan untuk menentukan
prosedur secara rinci mengenai cara pengumpulan data, cara pengujian hipotesa,
dan kemungkinan melakukan kuesioner dengan berbagai model yang ditentukan.
Penentuan desain riset biasanya didasarkan pada parameter yang akan diambil
untuk menghasilkan sebuah kesimpulan tertentu.
3.
Merancang Metode Pengumpulan Data
Data yang digunakan dalam penelitian
adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diambil
langsung dari lapangan, sedangkan data sekunder biasanya berupa data yang
diambil dari buku, Internet, dan pustaka lainnya yang relevan. Anda perlu
menentukan bagaimana cara mengumpulkan data-data tersebut dan dihimpun menjadi
sebuah database.
4.
Mengambil Sampel & Mengumpulkan Data
Selanjutnya Anda melakukan pengambilan
sampel dan mengumpulkan data di lapangan. Anda bisa melakukan pengambilan
sampel didasarkan pada metode sampling yang digunakan, baik itu probability
atau non probability sampling.
5.
Melakukan Analisa & Interpretasi Data
Sebuah pengumpulan data tidak akan pernah
bisa menjadi sebuah kesimpulan jika tidak dilakukan analisis dan interpretasi
data. Anda bisa mulai dari editing, koding, tabulasi, analisa statistik, dan
interpretasi data. Data yang diolah inilah yang akan memberikan petunjuk pada
kesimpulan yang akan Anda ambil.
6.
Menyusun Laporan Riset
Laporan riset pemasaran bisa berupa
laporan hasil, kesimpulan, serta rekomendasi penelitian yang diberikan kepada
pihak manajemen. Kemudian pihak manajemen akan mengambil keputusan berdasarkan
hasil dari interpretasi data sebelumnya. Laporan riset inilah yang akan menjadi
standar penelitian oleh para eksekutif dalam mengevaluasi manfaat riset
pemasaran.
Baca Juga : Menentukan Biaya Pemasangan Banner
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar