KONSULTAN BABY SHOP
TERUJI, +62 813-9864-6177, PENYEBAB STOK BARANG MENUMPUK DI GUDANG
Stok Barang Adalah, Stok
Barang Masuk dan Keluar, Stok Barang Keluar Masuk, Stok Barang Gudang, Cara
Stok Barang, Software Stok Barang Gudang, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan
Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta
Penyebab Susahnya
Mengatur Stok Barang - Masalah Gudang yang masih belum
terpecahkan Apakah anda memiliki gudang yang masih menggunakan sistem manual?
Bagi anda yang masih memiliki gudang dengan sistem konvensional seperti itu,
tentunya anda tidak asing dengan beberapa permasalahan umum yang sering terjadi
di gudang seperti berikut ini:
1.
Ruang yang terbatas
Harga
lahan yang semakin meningkat menjadi salah satu kendala yang menyebabkan
terbatasnya ketersediaan ruang untuk pergudangan. Dengan begitu, anda mungkin
akan menggunakan area yang sangat terbatas untuk gudang anda. Namun
permasalahan utamanya adalah, apakah kapasitas gudang anda saat ini sudah mampu
menampung seluruh barang anda?
2.
Rendahnya produktivitas
Ruangan
gudang yang terlalu luas akan mengakibatkan proses pengambilan barang yang
lambat. Pekerja anda harus menempuh jarak yang cukup jauh dari satu lokasi ke
lokasi yang lainnya sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengambil barang pun
akan menjadi lebih lama.
3.
Kesalahan pekerja
Human
error merupakan sesuatu yang natural dan tidak dapat dihindari. Gudang yang
terlalu besar dan luas akan menyulitkan pekerja anda untuk menghafal dan
mencari lokasi barang yang dibutuhkan. Dalam hal ini, tentu sangat mungkin
terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pekerja anda dalam mengambil barang
ataupun menyimpan barang bukan?
4.
Pekerja yang tidak jujur
Banyaknya
orang yang bekerja dan lalu lalang di area gudang akan menyebabkan sulitnya
pengawasan dan pemantauan pergerakan barang-barang yang ada di area gudang.
Apabila terdapat pekerja yang tidak jujur di gudang anda, sangat mungkin
barang-barang di gudang anda akan hilang (meskipun dalam jumlah yang kecil)
sehingga anda tidak menyadarinya. Setelah anda mengakumulasikan seluruh barang
yang hilang, barulah anda akan menyadari berapa banyak kerugian yang telah anda
alami.
5.
Akurasi data
Data
anda sering kali tidak akurat atau tidak sesuai dengan jumlah barang yang ada
dalam gudang anda. Bagaimana bisa begitu? Masalah ini sangat mungkin muncul
karena pergerakan barang yang masuk dan keluar dari gudang anda tidak terlacak
secara detail oleh data yang anda simpan.
6.
Permasalahan audit
Proses
auditing akan menjadi cukup sulit bagi anda yang masih menggunakan gudang manual
terutama dikarenakan tingkat akurasi data yang rendah. Belum lagi, anda harus
benar-benar mengecek data yang ada dan barang dalam gudang anda satu per satu
dengan teliti untuk menghindari kekeliruan yang mungkin terjadi. Namun,
yakinkah anda bahwa tidak mungkin ada kekeliruan sekecil apapun dalam proses
auditing anda?
7.
Gudang yang berantakan
Permasalahan
ini cukup sering terjadi dan dapat terlihat kasat mata. Tidakkah anda pusing
melihat peletakan barang yang ada di gudang anda dengan kondisi yang cukup
berantakan?
8.
Sistem Manajemen Gudang
Sistem
manajemen gudang yang baik akan menggunakan data yang belum terintegrasi
sehingga menghambat proses yang terjadi di gudang dengan departemen-departemen
lain yang terkait, seperti sales, produksi, dll.
9.
Kurangnya Pengecekan Stok Secara Fisik
Stok
barang berantakan ini sering terjadi saat perusahaan jarang atau tidak pernah
menyesuaikan stok gudang dengan melakukan pengecekan secara fisik. Karena tidak
selamanya barang yang ada di dalam gudang akan tersimpan dengan baik, misalnya
barang mengalami penyusutan atau mengalami kerusakan pada barang. Jika ini
terjadi pada barang di gudang perusahaan, tentu saja barang tersebut sudah
tidak layak dijual, dan kemungkinan besar barang tersebut dibuang. Inilah salah
satu penyebab terjadinya selisih stok barang di gudang perusahaan, karena
antara catatan dan fisik berbeda.
10.
Pengelolaan Stok Barang Masih Manual
Tidak
hanya kesalahan dalam menghitung stok fisik dan pencatatan saja yang menjadi
masalah dalam gudang. Namun pengelolaan stok gudang secara manual itu juga
menjadi salah satu penyebab terjadinya selisih stok barang di gudang. Jika
perusahaan melakukan pengelolaan stok barang secara digital, tentu akan lebih
memudahkan perusahaan menghitung barang dan melaporkan barang yang ada di
gudang. Dengan cara digital tentu akan menghemat waktu, praktis dan laporan
akan lebih rapi terhindar dari kesalahan menulis lampiran.
Baca Juga : Strategi Memenangkan Persaingan Pasar
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar