Senin, 24 Desember 2018

Penyebab Bisnis Sepi | Konsutan Bisnis Manajemen


KONSULTAN BABY SHOP

TERUJI, +62 813-9864-6177, PENYEBAB BISNIS SEPI

Bisnis Sepi Pelanggan, Bisnis Sepi 2018, Cara Mengatasi Bisnis Sepi, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta 



Penyebab Bisnis Sepi - Wirausaha merupakan suatu proses untuk menghasilkan suatu karya yang baru, kreatif dan inovatif dengan tujuan memberikan nilai guna dan manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain. Kewirausahaan atau enterpreneurship menuntut jiwa yang pemberani dalam melakukan upaya-upaya pemenuhan kebutuhan hidup serta menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Karena terbatasnya lapangan kerja, masyarakat dituntut untuk memiliki jiwa wirausaha sehingga dapat menciptakan kesempatan untuk berkembang bagi dirinya sendiri maupun orang lain serta membantu menggerakkan roda perekonomian.




Akan tetapi memulai suatu usaha bukanlah pekerjaan mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi dan masalah yang timbul di tengah-tengah perjalanan suatu usaha. Wirausahawan harus dapat mengantisipasi hal tersebut dan memikirkan solusi-solusi bagi permasalaahan tersebut. Salah satu masalah yang dapat menghadang adalah apabila usaha yang sudah dirintis tiba-tiba mengalami kemunduran omzet atau sepi pelanggan atau pembeli. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, berikut adalah beberapa penyebab Usaha Sepi Secara Umum :

1. Tidak konsisten menjaga kualitas produk
Dalam suatu perusahaan, produk memegang peran utama. Sebagai komoditi yang ditawarkan, produk harus memiliki nilai jual dan nilai bargaining di pasar. Selain itu memiliki konsep yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Selain itu produk juga harus melewati tahapan standarisasi berdasarkan kriteria-kriteria yang diinginkan konsumen. Hal tersebut untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Dengan menjaga produk tetap diproduksi dalam kualitas yang telah dibakukan diharapkan konsumen tetap membeli/menggunakan produk tersebut. 

2. Produk yang ditawarkan kurang bersaing dengan produk sejenis
Bisnis tanpa persaingan adalah hal yang mustahil. Apalagi di era pasar global seperti ini, tatkala persaingan juga harus dilakukan dengan produk-produk dari luar negeri. Untuk itu pengusaha harus memikirkan cara agar produk yang ditawarkan memiliki kemampuan untuk bersaing dengan produk-produk lain yang sejenis. Persaingan dapat menjadi trigger untuk terus berusaha mengembangkan inovasi produk tapi juga dapat menyebabkan sepinya usaha apabila produk yang dipunyai kalah bersaing. Pengusaha yang antisipatif harus berusaha membuat produknya memiliki positioning yang baik di mata konsumen. Positioning adalah bagaimana suatu produk dapat membekas di benak konsumen atau bagaimana persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Selain strategi positioning, dapat menerapkan strategi diferensiasi untuk membedakan produk dengan produk pesaing dan memperkuat branding yang telah dibangun.

3. Kurang  pemasaran terhadap produk tersebut
Pemasaran adalah serangkaian proses usaha yang laksanakan untuk merencanakan, menentukan harga jual, melakukan promosi serta menyalurkannya kepada pembeli atau pemakai barang/jasa. Pemasaran sangat diperlukan untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai suatu produk. Penjualan produk tanpa pemasaran yang baik tidak akan menemui titik optimal. Untuk itu pengusaha juga harus memikirkan strategi pemasaran yang sesuai dengan produk yang di tawarkannya.

4. Produk kurang inovatif
Pengerjaan suatu gagasan yang inovatif dapat diimplementasikan kepada produk yang sama sekali baru dan belum diluncurkan atau produk yang sudah ada tetapi ditindaklanjuti dengan berbagai percobaan atau penelitian sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih konkret dan update, atau melakukan perbaikan atau penyempurnaan terhadap suatu produk yang sudah ada agar memberikan efek yang lebih fresh kepada konsumen.

5. Pelayanan yang diberikan kurang baik
Services atau pelayanan merupakan faktor yang penting dalam proses penjualan suatu produk ke customer. Pelayanan yang baik dapat menjadi pertimbangan apakah seorang customer jadi membeli atau tidak. Pelayanan yang prima juga menjadi salah satu faktor penentu untuk mendapatkan calon customer. Untuk itu pengusaha harus terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, dan perlu memikirkan langkah-langkah pelayanan yang dapat membuat konsumen tidak beralih ke produk yang lain.
Baca Juga : Strategi Memenangkan Persaingan Pasar


Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...