KONSULTAN BABY SHOP
TERUJI, +62 813-9864-6177, PENYEBAB BISNIS SEPI
Bisnis Sepi Pelanggan,
Bisnis Sepi 2018, Cara Mengatasi Bisnis Sepi, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di
Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan
Manajemen di Jakarta
Penyebab Bisnis Sepi - Wirausaha
merupakan suatu proses untuk menghasilkan suatu karya yang baru, kreatif dan
inovatif dengan tujuan memberikan nilai guna dan manfaat kepada diri sendiri
maupun orang lain. Kewirausahaan atau enterpreneurship menuntut jiwa yang
pemberani dalam melakukan upaya-upaya pemenuhan kebutuhan hidup serta
menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Karena terbatasnya lapangan kerja,
masyarakat dituntut untuk memiliki jiwa wirausaha sehingga dapat menciptakan
kesempatan untuk berkembang bagi dirinya sendiri maupun orang lain serta
membantu menggerakkan roda perekonomian.
Akan tetapi memulai suatu usaha bukanlah pekerjaan mudah. Banyak
tantangan yang harus dihadapi dan masalah yang timbul di tengah-tengah
perjalanan suatu usaha. Wirausahawan harus dapat mengantisipasi hal tersebut
dan memikirkan solusi-solusi bagi permasalaahan tersebut. Salah satu masalah
yang dapat menghadang adalah apabila usaha yang sudah dirintis tiba-tiba
mengalami kemunduran omzet atau sepi pelanggan atau pembeli. Hal tersebut dapat
disebabkan oleh beberapa faktor, berikut adalah beberapa penyebab Usaha Sepi
Secara Umum :
1. Tidak konsisten menjaga kualitas
produk
Dalam suatu perusahaan, produk memegang peran utama. Sebagai komoditi
yang ditawarkan, produk harus memiliki nilai jual dan nilai bargaining di
pasar. Selain itu memiliki konsep yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan.
Selain itu produk juga harus melewati tahapan standarisasi berdasarkan
kriteria-kriteria yang diinginkan konsumen. Hal tersebut untuk menjaga
kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Dengan menjaga produk tetap
diproduksi dalam kualitas yang telah dibakukan diharapkan konsumen tetap
membeli/menggunakan produk tersebut.
2. Produk yang ditawarkan kurang
bersaing dengan produk sejenis
Bisnis tanpa persaingan adalah hal yang mustahil. Apalagi di era pasar
global seperti ini, tatkala persaingan juga harus dilakukan dengan
produk-produk dari luar negeri. Untuk itu pengusaha harus memikirkan cara agar
produk yang ditawarkan memiliki kemampuan untuk bersaing dengan produk-produk
lain yang sejenis. Persaingan dapat menjadi trigger untuk terus berusaha
mengembangkan inovasi produk tapi juga dapat menyebabkan sepinya usaha apabila
produk yang dipunyai kalah bersaing. Pengusaha yang antisipatif harus berusaha
membuat produknya memiliki positioning yang baik di mata konsumen. Positioning
adalah bagaimana suatu produk dapat membekas di benak konsumen atau bagaimana
persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Selain strategi positioning, dapat
menerapkan strategi diferensiasi untuk membedakan produk dengan produk pesaing
dan memperkuat branding yang telah dibangun.
3. Kurang pemasaran terhadap produk tersebut
Pemasaran adalah serangkaian proses usaha yang laksanakan untuk
merencanakan, menentukan harga jual, melakukan promosi serta menyalurkannya
kepada pembeli atau pemakai barang/jasa. Pemasaran sangat diperlukan untuk
memberikan informasi kepada konsumen mengenai suatu produk. Penjualan produk
tanpa pemasaran yang baik tidak akan menemui titik optimal. Untuk itu pengusaha
juga harus memikirkan strategi pemasaran yang sesuai dengan produk yang di
tawarkannya.
4. Produk kurang inovatif
Pengerjaan suatu gagasan yang inovatif dapat diimplementasikan kepada
produk yang sama sekali baru dan belum diluncurkan atau produk yang sudah ada
tetapi ditindaklanjuti dengan berbagai percobaan atau penelitian sehingga
menghasilkan sesuatu yang lebih konkret dan update, atau melakukan perbaikan
atau penyempurnaan terhadap suatu produk yang sudah ada agar memberikan efek
yang lebih fresh kepada konsumen.
5. Pelayanan yang diberikan kurang
baik
Services atau pelayanan merupakan faktor yang penting dalam proses
penjualan suatu produk ke customer. Pelayanan yang baik dapat menjadi pertimbangan
apakah seorang customer jadi membeli atau tidak. Pelayanan yang prima juga
menjadi salah satu faktor penentu untuk mendapatkan calon customer. Untuk itu
pengusaha harus terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada
konsumen, dan perlu memikirkan langkah-langkah pelayanan yang dapat membuat
konsumen tidak beralih ke produk yang lain.
Baca Juga : Strategi Memenangkan Persaingan Pasar
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar