KONSULTAN BABY SHOP
TERNAMA, +62 813-9864-6177, STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN PASAR
Persaingan Pasar
Sempurna, Persaingan Pasar di Indonesia, Persaingan Pasar Global, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis
Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis
Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta
Strategi Memenangkan
Persaingan Pasar - Dalam menghadapi persaingan antar
perusahaan seringkali manajemen dipusingkan dengan strategi apa yang akan
diambil untuk memenangkan persaingan. Pada umumnya rencana yang terbersit
adalah strategi menurunkan harga. Hal ini sangat dimungkinkan karena memang
masyarakat khususnya di Indonesia adalah konsumen yang masih sangat dipengaruhi
oleh harga. Artinya konsumen masih bisa diiming-imingi dengan penurunan harga
untuk berpindah menjadi pelanggan di tempat yang baru.
Tetapi
apakah strategi ini memang yang paling jitu? Belum tentu karena untuk
menurunkan harga akan berpengaruh pada banyak hal dan ujungnya akan mengganggu
marjin keuntungan perusahaan.
1.Berbagai Strategi
Memenangkan Persaingan
Dalam
teori manajemen kita mengenal beberapa strategi memenangkan persaingan. Sebelum
memilih strategi yang akan digunakan, satu hal yang penting untuk dilakukan
adalah mengamati kondisi persaingan, khususnya pesaing yang paling kompeten.
Carilah informasi sebanyak mungkin tentang apa yang sedang dan akan mereka
lakukan, sehingga Anda tidak akan salah langkah dalam menentukan strategi apa
yang akan dilakukan. Karena logikanya, apabila memiliki informasi tentang
bagaimana mereka bisa berhasil, maka Anda pun akan mendapatkan gambaran yang
akan mempermudah dalam merencanakan strategi Anda sendiri.
2.Strategi menciptakan
produk yang berbeda
Dengan
menciptakan produk yang unik dan belum pernah digunakan sebelumnya, akan
menambahkan nilai lebih pada produk Anda. Sebagai contoh kalau bisnis Anda
adalah restoran maka Anda menyediakan menu baru yang unik baik dalam rasa
maupun tampilan sajian. Para pelanggan akan memandang produk Anda lebih mengena
di hati mereka dan akan lebih mudah diingat dibandingkan restoran lain.
Anda
harus menciptakan ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen Anda.
Supaya jika suatu saat pelanggan mendengar salah satu ciri dari produk Anda,
maka dia akan langsung teringat pada produk Anda, yang pada akhirnya mereka
tetap akan memilih produk Anda dibandingkan dengan produk yang lain.
3.Strategi menonjolkan
keunggulan produk
Fokuskan
pemasaran Anda untuk menonjolkan keunggulan produk Anda. Ini akan memberikan
nilai tersendiri bagi pelanggan dan nantinya akan dapat menciptakan loyalitas
pelanggan terhadap produk Anda. Dan semakin hari tingkat loyalitas ini akan
meningkat juga apabila Anda terus menerus mempertahankan kualitas produk Anda.
4.Strategi meningkatkan
nilai atau value added
Strategi
ini adalah yang paling fleksibel karena Anda dapat menerapkannya tergantung
pada kemampuan perusahaan. Dapat menyangkut kebutuhan investasi yang sangat
minim sampai kepada tingkat yang cukup signikikan dari segi penggunaan budget.
Inti strategi ini adalah menambahkan value atau kegunaan produk atau jasa layanan
Anda bagi pelanggan, tanpa harus menciptakan produk baru atau menurunkan harga
dalam rangka memenangkan persaingan.
5.Strategi Menjual Nilai
Bukan Harga
Dari
berbagai strategi memenangkan persaingan di atas, dalam tulisan ini kita akan
membahas strategi yang bukan berkaitan dengan penurunan harga atau menciptakan
produk yang berbeda, karena ini akan memerlukan waktu dan upaya yang cukup
besar, serta akan mengganggu marjin keuntungan Anda.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar