Jumat, 21 Desember 2018

Strategi Memenangkan Persaingan Pasar | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN BABY SHOP

TERNAMA, +62  813-9864-6177, STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN PASAR


Persaingan Pasar Sempurna, Persaingan Pasar di Indonesia, Persaingan Pasar Global, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta 


Strategi Memenangkan Persaingan Pasar - Dalam menghadapi persaingan antar perusahaan seringkali manajemen dipusingkan dengan strategi apa yang akan diambil untuk memenangkan persaingan. Pada umumnya rencana yang terbersit adalah strategi menurunkan harga. Hal ini sangat dimungkinkan karena memang masyarakat khususnya di Indonesia adalah konsumen yang masih sangat dipengaruhi oleh harga. Artinya konsumen masih bisa diiming-imingi dengan penurunan harga untuk berpindah menjadi pelanggan di tempat yang baru.



Tetapi apakah strategi ini memang yang paling jitu? Belum tentu karena untuk menurunkan harga akan berpengaruh pada banyak hal dan ujungnya akan mengganggu marjin keuntungan perusahaan.

1.Berbagai Strategi Memenangkan Persaingan
Dalam teori manajemen kita mengenal beberapa strategi memenangkan persaingan. Sebelum memilih strategi yang akan digunakan, satu hal yang penting untuk dilakukan adalah mengamati kondisi persaingan, khususnya pesaing yang paling kompeten. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang apa yang sedang dan akan mereka lakukan, sehingga Anda tidak akan salah langkah dalam menentukan strategi apa yang akan dilakukan. Karena logikanya, apabila memiliki informasi tentang bagaimana mereka bisa berhasil, maka Anda pun akan mendapatkan gambaran yang akan mempermudah dalam merencanakan strategi Anda sendiri.

2.Strategi menciptakan produk yang berbeda
Dengan menciptakan produk yang unik dan belum pernah digunakan sebelumnya, akan menambahkan nilai lebih pada produk Anda. Sebagai contoh kalau bisnis Anda adalah restoran maka Anda menyediakan menu baru yang unik baik dalam rasa maupun tampilan sajian. Para pelanggan akan memandang produk Anda lebih mengena di hati mereka dan akan lebih mudah diingat dibandingkan restoran lain.

Anda harus menciptakan ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen Anda. Supaya jika suatu saat pelanggan mendengar salah satu ciri dari produk Anda, maka dia akan langsung teringat pada produk Anda, yang pada akhirnya mereka tetap akan memilih produk Anda dibandingkan dengan produk yang lain.

3.Strategi menonjolkan keunggulan produk
Fokuskan pemasaran Anda untuk menonjolkan keunggulan produk Anda. Ini akan memberikan nilai tersendiri bagi pelanggan dan nantinya akan dapat menciptakan loyalitas pelanggan terhadap produk Anda. Dan semakin hari tingkat loyalitas ini akan meningkat juga apabila Anda terus menerus mempertahankan kualitas produk Anda.

4.Strategi meningkatkan nilai atau value added
Strategi ini adalah yang paling fleksibel karena Anda dapat menerapkannya tergantung pada kemampuan perusahaan. Dapat menyangkut kebutuhan investasi yang sangat minim sampai kepada tingkat yang cukup signikikan dari segi penggunaan budget. Inti strategi ini adalah menambahkan value atau kegunaan produk atau jasa layanan Anda bagi pelanggan, tanpa harus menciptakan produk baru atau menurunkan harga dalam rangka memenangkan persaingan.

5.Strategi Menjual Nilai Bukan Harga
Dari berbagai strategi memenangkan persaingan di atas, dalam tulisan ini kita akan membahas strategi yang bukan berkaitan dengan penurunan harga atau menciptakan produk yang berbeda, karena ini akan memerlukan waktu dan upaya yang cukup besar, serta akan mengganggu marjin keuntungan Anda.

Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...