KONSULTAN BABY SHOP
TERBAIK, +62 813-9864-6177, MENGATUR DISPLAY BABY SHOP
Baby Shop Jakarta, Baby
Shop di Jakarta, Bisnis Jakarta
2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta,
Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta
Mengatur Display Untuk
Pelanggan – Perkembangan pembangunan yang semakin pesat dan
terus meningkat,menjadi prospek yang bagus bagi para pelaku bisnis untuk
mengembangkan usaha.Para pelaku usaha yang diuntungkan dengan kondisi ini
antara lain adalah produsen bahan baku, distributor bahan dan ujung tombaknya adalah
pelaku usaha toko. Maka tak heran jika saat ini banyak orang yang
berlomba-lomba untuk memanfaatkan kesempatan ini. Misalnya, jika dulunya pelaku
usaha toko didominasi oleh orang-orang Tionghoa,maka saat ini sudah mulai
banyak toko yang dimiliki oleh orang-orang pribumi misalnya orang Jawa dan
orang Sunda.
Berikut ini tips dan trik
untuk baby shp[ konvensional yang bisa kita terapkan :
1. Pengelompokkan Barang
Jika
setiap barang yang dijual tertata rapi di masing – masing display outlet toko,
tentunya pengunjung akan lebih mudah menemukan setiap kebutuhannya. Pengelompokkan
setiap barang bisa juga sesuai dengan merk, harga masing-masing item, ukuran
barang, hingga material barang. Atau berdasarkan kelompok pekerjaan konstruksi
seperti alat kerja dan bahan material finishing. Dengan penataan yang seperti
ini, para pembeli akan lebih mudah menemukan dan memilih barang yang paling
sesuai dengan kebutuhan serta daya beli mereka. Hal ini juga akan mempermudah
pembeli untuk membandingkan setiap barang tanpa harus banyak bertanya pada
penjaga toko. Karena seringkali banyak pembeli yang mencari barang yang sedang
mereka butuhkan tetapi tidak tahu apa nama dari barang tersebut.
2. Counter Pelayanan
Pada
area counter pelayanan bisa kita satukan dengan area display produk dan storage
(barang kecil dan ringan), namun harus ditata dengan rapih karena area ini
adalah yang menjadi tempat menerima konsumen pertama kali,yang artinya image
atau kesan toko bangunan yang akan ditampilkan terwakili di area ini. Usahakan
agar area ini bisa menampung konsumen sebanyak-banyaknya,sehingga apabila kita
bisa menyediakan banyak sales,otomatis akan banyak customer yang bisa
terlayani.
3. Desain Interior Toko
Seperti
yang telah dibahas di atas, bahwa sebuah toko juga memerlukan tingkat
kenyamanan yang cukup bagi pengunjung. Pastikan Anda memiliki ruang yang cukup
luas untuk mendisplay semua item yang Anda jual; paling tidak 1 barang per item
sebagai sampel dan pembeli dapat meminta penjaga toko untuk mengambilkan barang
tersebut ketika mereka tertarik untuk membeli. Kedua, pastikan ruang display
outlet toko dibuat dengan ventilasi dan pencahayaan yang cukup. Tentunya hal
ini akan membuat toko semakin nyaman dan pembeli betah untuk berbelanja setiap
kebutuhan mereka.
Selanjutnya,
pastikan juga model rak display toko bangunan Anda sesuai dengan kebutuhan
pemajangan produk yang Anda jual; dari segi ukuran, jenis bahan, dan juga
tingkat kekuatannya yang akan menopang setiap item. Pastikan bahwa cara Anda
menata setiap item dapat menunjukkan kualitas Anda sebagai penyedia barang dan
bahan.
4. Pencahayaan Dalam
Ruangan
Pencahayaan
dalam ruangan toko bisa cukup berpengaruh terhadap konsumen saat mereka memilih
produk di dalam toko. Ruangan yang kurang pencahayaan bisa memberikan suasana
kurang nyaman, bahkan saat di lihat dari jauh saja suasana toko yang gelap
sudah memberikan kesan yang sumpek dan produk di dalamnya pun seakan tidak
menarik perhatian.
Tidak
heran, dalam sebuah minimarket dan toko-toko terkemuka pencahayaan ini menjadi
sangat diperhatikan, berpuluh-puluh lampu di pasang di dalamnya bahkan di
biarkan menyala meski di siang hari. Tentunya hal ini bukannya dilakukan tanpa
alasan, mereka berupaya menciptakan suasana yang terang sehingga produk
jualannya terlihat mencolok dan menarik perhatian.
5. Tampak Bangunan
Tampak
bangunan seringkali menjadi penanda utama bagi customer baru.Toko yang terlihat
besar akan lebih menarik karena terkadang calon pembeli baru akan mencari toko
yang besar dengan harapan lebih lengkap,sehingga pembeli cukup berbelanja ke
satu tempat saja untuk mendapatkan semua barang yang dibutuhkan. Jika ada
beberapa papan iklan dari sponsor,usahakan susunannya tidak saling menutupi
sehingga memudahkan customer untuk membacanya. Pihak sponsor juga tidak merasa
dirugikan karena produknya kurang terlihat. Warna juga dapat menarik minat
pelanggan, maka dari itu anda bisa memberikan warna-warna cerah untuk dinding
di toko anda.
6.Tampilkan Karya Seni
Anda
bisa membuat toko anda terkesan berbeda dari toko-toko yang lain dengan cara
memberikan karya seni lukisan atau mural dari para seniman lokal. Ide yang satu
ini jarang sekali digunakan oleh toko lainnya, jadi ini bisa menjadi point
lebih dari toko anda. Anda juga beruntung karena di Indonesia banyak anak-anak
muda berjiwa seni yang dapat ciptakan karya unik dan menarik. Selain
memperindah toko anda, anda juga turut membantu mempromosikan karya seni
mereka.
7. Area Parkir Customer
Sering
terjadi pelanggan enggan dan mengurungkan niatnya untuk berbelanja karena tidak
adanya area parkir yang cukup. Menyatunya tempat parkir dengan area keluar
masuknya barang juga menjadi kekhawatiran konsumen terhadap kendaraannya. Hal
ini akan menyebabkan tidak tenangnya proses belanja di toko anda.
Padahal
dalam kondisi tenang, konsumen akan cederung untuk meluangkan waktu lebih
banyak di toko sembari beramah-tamah. Alhasil, kemungkinan besar para konsumen
akan berbelanja lebih banyak atau mencari barang-barang yang kira-kira
dibutuhkan untuk hunian atau proyeknya.
Berikut
ini beberapa cara peletakkan massa dengan area parkir yang
cukup nyaman :
A.Peletakkan
area parkir pengunjung berada di salah satu sisi bangunan. Lalu memanfaatkan
sisi lainnya untuk digunakan sebagai tempat parkir truk dan kegiatan bongkar
muat barang, menjadikan tempat bongkar muat barang berada di area yang terpisah
dari tempat parkir pengunjung.
B.Peletakkan
area parkir disisi belakang bangunan, menjadikan pencapaian ke tempat parkir
dan area bongkar muat sangat mudah. Selain itu, peletakkan area bongkar muat
barang yang diletakkan di sisi belakang, menjadikan area parkir memiliki
kapasitas yang cukup leluasa.
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar