KONSULTAN BABY SHOP
TERPECAYA, +62 813-9864-6177, TIPS AGAR BISNIS TETAP EKSIS
Bisnis 2018, Bisnis Waralaba, Bisnis Adalah, Bisnis Indonesia, Konsultan Bisnis Indonesia, Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Bisnis Bandung, Konsultan Bisnis Jakarta Pusat, Konsultan Bisnis di Bandung
TIPS AGAR BISNIS TETAP
EKSIS - Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang
dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen
(masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit).
Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau
keuntungan (profit).
Mungkin
anda merasa bila bisnis atau perusahaan anda telah memiliki nama, dan memiliki
banyak sekali konsumen loyal. Sayangnya, semua itu bukan jaminan untuk bisnis
anda akan bertahan. Kebutuhan konsumen akan hal baru, bisa saja membuat mereka
merasa bosan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Konsumen bisa saja
mencari perusahaan yang menyediakan produk dengan inovasi baru, sehingga anda
akan kehilangan mereka.
Tips Agar Bisnis Anda
Tetap Eksis
1. Pastikan perusahaan telah
memberikan pelayanan maksimal bagi konsumen
Konsumen
merupakan sumber keuntungan dari bisnis dan perusahaan anda. Karena, dengan
adanya konsumen, maka produk atau jasa yang anda tawarkan akan memiliki daya
jual. Saat mengunjungi perusahaan anda, tentu saja konsumen ingin diperlakukan
dengan maksimal. Oleh karenanya fokus untuk memberikan kepuasan kepada konsumen
anda, merupakan suatu hal yang wajib. Selain itu, konsumen yang diberikan
pelayanan yang maksimal, maka kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk ikut
serta mengajak orang lain menjadi konsumen anda, serta mereka akan bersedia
untuk menjadi pelanggan loyal bagi perusahaan anda.
2. Inovasikan produk anda
agar masyarakat semakin tertarik
Seperti
yang dijelaskan di atas tadi, bila masyarakat kini menuntut adanya produk yang
memiliki inovasi baru, serta berbeda dari produk pada umumnya. Anda mungkin
dapat memperbarui ide-ide dalam produk atau jasa yang anda tawarkan, agar
masyarakat semakin tertarik untuk mencoba produk tersebut, serta menjadi
konsumen anda. Menciptakan produk atau jasa baru memang bukan sesuatu yang
mudah, dan juga tidak murah. Mungkin anda dapat memperkerjakan kariawan yang
memiliki ide sangat luas, serta pengalaman yang matang dalam bidangnya bila
ingin berinovasi dan menciptakan produk baru. Namun, modal untuk berinovasi
saya rasa cukup kecil, bila dibandingkan dengan keuntungan yang akan anda
dapatkan setelah produk atau jasa laku terjual.
3. Mengikuti trend dan
perkembangan yang ada di pasaran
Bila
poin kedua mengajak anda untuk melakukan inovasi dengan menciptakan sesuatu
yang baru, maka poin ketiga ini sedikit mirip tetapi berbeda juga. Di poin ini,
anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan trend yang ada di pasaran. Tidak
perlu memberikan banyak inovasi, cukup dengan menyediakan produk yang sedang
diminati oleh masyarakat saja. Hanya saja, pada produk atau jasa yang anda
tawarkan, perlu diberikan sedikit pembeda agar tidak menimbulkan kesan
menjiplak produk orang lain.
4. Siasati pergerakan
kompetior bisnis
Tips
agar bisnis anda tetap eksis yang selanjutnya, yakni selalu perhatikan dan
siasati pergerakan kompetitor bisnis. Persaingan sudah menjadi “bumbu” dalam
perjalanan bisnis dan perusahaan anda. Bahkan, bisa saja persaingan tersebut
berasal dari banyak perusahaan, karena ide produk atau jasa yang ditawarkan
memang sedikit mirip. Maka dari itu, selalu perhatikan perkembangan serta
strategi apa yang mereka terapkan. Karena, dengan mengetahui cara mereka
melakukan strategi perdangangan, maka semakin mudah juga untuk mengatasi
“larinya” semua konsumen ke perusahaan mereka. Tentunya selalu perhatikan agar
persaingan yang anda lakukan, adalah persaingan yang sehat.
5. Perluas jaringan
bisnis
Memperluas
jaringan bisnis, bisa ditempuh dengan melakukan beberapa teknik promosi yang
hasilnya terbukti sangat ampuh dalam menarik hati masyarakat. Salah satu teknik
berpromosi yang terbukti ampuh saat ini, yakni dengan memanfaatkan media
internet sebagai sarana dalam mempromosikan produk serta jasa yang anda
tawarkan. Tentu saja hal ini dibarengi dengan pengguna internet yang semakin
meningkat dari hari-kehari, serta internet yang tidak memiliki batasan dalam
jarak, serta waktu. Selain melakukan promosi, memperluas jaringan bisnis, bisa
anda lakukan dengan membangun relasi dalam bisnis anda. Membangun relasi, atau
kerjasama antar pedagang juga merupakan cerminan dari persaingan yang dilakukan
secara sehat.
6. Berikan harga produk
yang berkualitas dengan harga yang lebih murah dari pesaing
Berbicara
tentang harga, tentu saja akan langsung berkaitan dengan keuntungan yang akan
didapatkan. Kebanyakan perusahaan selalu mengambil keuntungan, dengan
menetapkan harga yang sangat mahal untuk setiap produk atau jasa yang
ditawarkannya. Meskipun produk atau jasa tersebut benar-benar berkualitas,
namun konsumen akan berpikir berulang-ulang sebelum memutuskan untuk
menggunakan jasa atau membeli produk anda. Hal ini tentu sama saja dengan
“membuang” kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru.
7. Buatlah bisnis memiliki
ciri khasnya sendiri
Ciri
khas bisnis sangat penting agar bisnis anda tetap eksis di pasaran. Tentu saja
karena saat bisnis anda memiliki ciri khas yang berbeda dari perusahaan
sejenis, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk menjadi konsumen anda,
selain itu ciri khas juga mempermudah masyarakat untuk menghafal perusahaan
anda.
8. Fokus dan serius untuk
mengembangkan bisnis anda
Fokus
dan serius merupakan hal yang sangat penting bila ingin bisnis berkembang. Sudah
saatnya anda mengesampingkan kebutuhan pribadi dan lebih berfokus untuk
mengembangkan binsis yang anda punya, terlebih lagi bila perusahaan anda masih
tergolong baru. Anda dapat berfokus kepada pelayanan, kualitas serta mutu dari
produk atau jasa yang anda tawarkan.
9. Pekerjakanlah SDM yang
berkualitas
Perkembangan
serta eksistensi perusahaan sangat bergantung bukan hanya kepada pemimpin
perusahaan, tetapi sumber daya manusia atau kariawan yang anda pekerjakan juga
meruakan kunci sukses dalam mempertahankan eksistensi sebuah bisnis atau
perusahaan. Maka dari itu, pastikan anda benar-benar menyeleksi pekerja yang
memiliki kemampuan yang benar-benar baik dalam bidangnya, selain itu penting
untuk memperkerjakan kariawan yang bertanggung jawab akan pekerjaan, serta
perusahan tempat dia bekerja.
10. Pikirkan sejak jauh
hari, penanganan bila bisnis mengalami keterpurukan
Setiap
pengusaha tentunya ingin bisnis mereka berjalan dan berkembang sesuai rencana.
Sehingga kata gagal tidak ada dalam kamus mereka. Akan tetapi, memikirkan
penanganan saat bisnis anda mengalami keterpurukan merupakan hal yang sangat
penting untuk dilakukan. Meskipun tidak ingin terpuruk, namun mencegah tentunya
lebih baik bukan.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar