KONSULTAN BABY SHOP
MAHIR, +62 813-9864-6177, BEGINI CARA TEPAT HADAPI ULASAN NEGATIF PELANGGAN
Konsultan,
Konsultan Ritel, Manajemen Konsultan Indonesia, Konsultan Bisnis Ritel, Usaha
Diera Digital, Strategi Bisnis Di Era Digital, Bisnis Di Era Digital, Konsultan
Bisnis di Sidoarjo, Konsultan Bisnis di Surabaya, Konsultan Bisnis di Malang,
Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan
Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta
Begini
Cara Tepat Hadapi Ulasan Negatif Pelanggan
- Ulasan pelanggan baik positif maupun negatif sangat penting untuk membangun
kepercayaan pada produk Anda.
Memang hal yang buruk ketika Anda
menerima ulasan negatif dari pelanggan, tetapi mereka belum tentu akan merusak
bisnis Anda. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda menangani ulasan yang
Anda terima.
Menjawab ulasan negatif membangun
kepercayaan konsumen pada bisnis dan merek Anda. Ketika Anda menjawab ulasan
negatif dan pelanggan kecewa, Anda juga berbicara kepada ratusan konsumen lain
yang ingin tahu bagaimana Anda melakukan bisnis Anda.
Konsumen memahami bahwa kesalahan
terjadi, jadi ketika mereka melihat bisnis mencoba melakukan hal yang benar,
itu akan membangun kepercayaan.
Inilah yang perlu Anda ketahui tentang
penanganan yang tepat dalam menanggapi ulasan negatif, seperti dikutip dari
Laruno.id:
1.
Jawab cepat dengan respon pribadi
Di zaman komunikasi yang semakin modern,
pelanggan mengharapkan semuanya serba cepat dalam banyak aspek kehidupan
mereka, termasuk interaksi mereka dengan merek.
Menanggapi ulasan negatif sesegera
mungkin setelah diposting, akan menunjukkan bahwa Anda perduli dengan
pelanggan. Sangat penting untuk memberikan tanggapan masing-masing pelanggan
yang mengeluh dengan produk Anda.
Butuh waktu untuk membaca dalam
menanggapi setiap komentar negatif, tetapi melakukan hal ini akan meningkatkan
tingkat retensi pelanggan Anda dalam jangka panjang.
Setelah perusahaan menanggapi ulasan
negatif, sekitar sepertiga pelanggan menghapus atau mengganti ulasan negatif
mereka, dan seperlima dari pengulas negatif melakukan pembelian ulang dari
perusahaan itu dan kemudian menjadi pelanggan setia.
2.
Minta maaf dan berempati
Pelanggan mungkin tidak selalu benar,
tetapi jika Anda mengatakan bahwa mereka salah, Anda pasti akan kehilangan
bisnis. Ketika menanggapi ulasan yang negatif, sebuah merek perlu
mengekspresikan pemahaman dan empati tanpa menyalahkan pelanggan, dan meminta
maaf.
Biarkan pelanggan tahu bahwa Anda
berempati dengan situasi. Bersiaplah untuk kesalahan itu, bahkan jika itu bukan
kesalahanmu. Dengan membuat kesalahan, kamu jauh lebih mungkin untuk
mendapatkan pelanggan lagi.
Langkah selanjutnya dalam menyelesaikan
keluhan dapat dilakukan secara lebih pribadi melalui telepon atau e-mail.
Pelanggan ingin merasa didengar dan dipahami, jadi penting untuk mengetahui apa
yang diinginkan pelanggan Anda.
3.
Meminta kesempatan kedua
Bertanya kepada pelanggan bagaimana Anda
dapat meningkatkan pengalaman mereka dalam membeli untuk lebih baik lagi adalah
kunci untuk mempertahankan bisnis Anda.
Sebuah merek/brand harus mendengarkan
dan belajar dari ulasan negatif. Keluhan pelanggan mengandung informasi
berharga yang dapat membantu meningkatkan layanan pelanggan secara keseluruhan
dan kepercayaan yang diberikan konsumen pada bisnis Anda.
Menawarkan kupon, voucher, atau produk
pengganti setelah pelanggan kecewa juga dapat membantu Anda mendapatkan
kesempatan kedua. Meskipun produk atau layanan gratis tidak seharusnya menjadi
respon default Anda, ini bisa menjadi taktik yang bagus jika ada masalah dalam
menyelesaikan masalah pelanggan. Jika Anda memilih cara ini, pastikan untuk mendorong
pelanggan untuk memperbarui ulasan mereka jika pembelian kedua menghasilkan
hasil yang lebih baik.
Jika sebuah perusahaan menerima keluhan
dari pelanggan karena produk yang salah, biasanya solusi yang paling tepat
adalah mengganti produk secara gratis. Tetapi jika seorang pelanggan memiliki
pengalaman buruk dengan layanan atau karyawan tertentu, penting untuk memahami
alasan ketidakpuasan untuk menentukan resolusi terbaik.
4.
Mendorong lebih banyak ulasan
Tidak mudah untuk menerima kritik,
terutama dari orang-orang yang paling penting bagi bisnis Anda. Tetapi
menggunakan ulasan negatif untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda akan
memberikan kekuatan merek Anda tetap dan memberikan bukti yang menunjukkan Anda
benar-benar berkomitmen untuk pelanggan. Dorong pelanggan Anda untuk memberikan
ulasan sehingga Anda dapat memanfaatkan peluang sepenuhnya.
Memberdayakan pelanggan Anda untuk
mengomentari perusahaan Anda dan meluangkan waktu untuk menanggapi mereka
membuat pelanggan merasa dihargai dan diinginkan. Ulasan adalah cara hebat
untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan menanggapi semua kritikan, dan
bahwa Anda benar-benar menghargai pelanggan.
sumber : Liputan 6
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar