Kamis, 13 Desember 2018

Tips Agar Bisnis Tetap Eksis | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN BABY SHOP

TERPECAYA, +62 813-9864-6177, TIPS AGAR BISNIS TETAP EKSIS

Bisnis 2018, Bisnis Waralaba, Bisnis Adalah, Bisnis Indonesia, Konsultan Bisnis Indonesia,  Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Bisnis Bandung, Konsultan Bisnis Jakarta Pusat, Konsultan Bisnis di Bandung


TIPS AGAR BISNIS TETAP EKSIS - Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).


Mungkin anda merasa bila bisnis atau perusahaan anda telah memiliki nama, dan memiliki banyak sekali konsumen loyal. Sayangnya, semua itu bukan jaminan untuk bisnis anda akan bertahan. Kebutuhan konsumen akan hal baru, bisa saja membuat mereka merasa bosan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Konsumen bisa saja mencari perusahaan yang menyediakan produk dengan inovasi baru, sehingga anda akan kehilangan mereka.

Tips Agar Bisnis Anda Tetap Eksis
1. Pastikan perusahaan telah memberikan pelayanan maksimal bagi konsumen
Konsumen merupakan sumber keuntungan dari bisnis dan perusahaan anda. Karena, dengan adanya konsumen, maka produk atau jasa yang anda tawarkan akan memiliki daya jual. Saat mengunjungi perusahaan anda, tentu saja konsumen ingin diperlakukan dengan maksimal. Oleh karenanya fokus untuk memberikan kepuasan kepada konsumen anda, merupakan suatu hal yang wajib. Selain itu, konsumen yang diberikan pelayanan yang maksimal, maka kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk ikut serta mengajak orang lain menjadi konsumen anda, serta mereka akan bersedia untuk menjadi pelanggan loyal bagi perusahaan anda.

2. Inovasikan produk anda agar masyarakat semakin tertarik
Seperti yang dijelaskan di atas tadi, bila masyarakat kini menuntut adanya produk yang memiliki inovasi baru, serta berbeda dari produk pada umumnya. Anda mungkin dapat memperbarui ide-ide dalam produk atau jasa yang anda tawarkan, agar masyarakat semakin tertarik untuk mencoba produk tersebut, serta menjadi konsumen anda. Menciptakan produk atau jasa baru memang bukan sesuatu yang mudah, dan juga tidak murah. Mungkin anda dapat memperkerjakan kariawan yang memiliki ide sangat luas, serta pengalaman yang matang dalam bidangnya bila ingin berinovasi dan menciptakan produk baru. Namun, modal untuk berinovasi saya rasa cukup kecil, bila dibandingkan dengan keuntungan yang akan anda dapatkan setelah produk atau jasa laku terjual.

3. Mengikuti trend dan perkembangan yang ada di pasaran
Bila poin kedua mengajak anda untuk melakukan inovasi dengan menciptakan sesuatu yang baru, maka poin ketiga ini sedikit mirip tetapi berbeda juga. Di poin ini, anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan trend yang ada di pasaran. Tidak perlu memberikan banyak inovasi, cukup dengan menyediakan produk yang sedang diminati oleh masyarakat saja. Hanya saja, pada produk atau jasa yang anda tawarkan, perlu diberikan sedikit pembeda agar tidak menimbulkan kesan menjiplak produk orang lain.

4. Siasati pergerakan kompetior bisnis
Tips agar bisnis anda tetap eksis yang selanjutnya, yakni selalu perhatikan dan siasati pergerakan kompetitor bisnis. Persaingan sudah menjadi “bumbu” dalam perjalanan bisnis dan perusahaan anda. Bahkan, bisa saja persaingan tersebut berasal dari banyak perusahaan, karena ide produk atau jasa yang ditawarkan memang sedikit mirip. Maka dari itu, selalu perhatikan perkembangan serta strategi apa yang mereka terapkan. Karena, dengan mengetahui cara mereka melakukan strategi perdangangan, maka semakin mudah juga untuk mengatasi “larinya” semua konsumen ke perusahaan mereka. Tentunya selalu perhatikan agar persaingan yang anda lakukan, adalah persaingan yang sehat.

5. Perluas jaringan bisnis
Memperluas jaringan bisnis, bisa ditempuh dengan melakukan beberapa teknik promosi yang hasilnya terbukti sangat ampuh dalam menarik hati masyarakat. Salah satu teknik berpromosi yang terbukti ampuh saat ini, yakni dengan memanfaatkan media internet sebagai sarana dalam mempromosikan produk serta jasa yang anda tawarkan. Tentu saja hal ini dibarengi dengan pengguna internet yang semakin meningkat dari hari-kehari, serta internet yang tidak memiliki batasan dalam jarak, serta waktu. Selain melakukan promosi, memperluas jaringan bisnis, bisa anda lakukan dengan membangun relasi dalam bisnis anda. Membangun relasi, atau kerjasama antar pedagang juga merupakan cerminan dari persaingan yang dilakukan secara sehat.

6. Berikan harga produk yang berkualitas dengan harga yang lebih murah dari pesaing
Berbicara tentang harga, tentu saja akan langsung berkaitan dengan keuntungan yang akan didapatkan. Kebanyakan perusahaan selalu mengambil keuntungan, dengan menetapkan harga yang sangat mahal untuk setiap produk atau jasa yang ditawarkannya. Meskipun produk atau jasa tersebut benar-benar berkualitas, namun konsumen akan berpikir berulang-ulang sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa atau membeli produk anda. Hal ini tentu sama saja dengan “membuang” kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru.

7. Buatlah bisnis memiliki ciri khasnya sendiri
Ciri khas bisnis sangat penting agar bisnis anda tetap eksis di pasaran. Tentu saja karena saat bisnis anda memiliki ciri khas yang berbeda dari perusahaan sejenis, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk menjadi konsumen anda, selain itu ciri khas juga mempermudah masyarakat untuk menghafal perusahaan anda.

8. Fokus dan serius untuk mengembangkan bisnis anda
Fokus dan serius merupakan hal yang sangat penting bila ingin bisnis berkembang. Sudah saatnya anda mengesampingkan kebutuhan pribadi dan lebih berfokus untuk mengembangkan binsis yang anda punya, terlebih lagi bila perusahaan anda masih tergolong baru. Anda dapat berfokus kepada pelayanan, kualitas serta mutu dari produk atau jasa yang anda tawarkan.

9. Pekerjakanlah SDM yang berkualitas
Perkembangan serta eksistensi perusahaan sangat bergantung bukan hanya kepada pemimpin perusahaan, tetapi sumber daya manusia atau kariawan yang anda pekerjakan juga meruakan kunci sukses dalam mempertahankan eksistensi sebuah bisnis atau perusahaan. Maka dari itu, pastikan anda benar-benar menyeleksi pekerja yang memiliki kemampuan yang benar-benar baik dalam bidangnya, selain itu penting untuk memperkerjakan kariawan yang bertanggung jawab akan pekerjaan, serta perusahan tempat dia bekerja.

10. Pikirkan sejak jauh hari, penanganan bila bisnis mengalami keterpurukan
Setiap pengusaha tentunya ingin bisnis mereka berjalan dan berkembang sesuai rencana. Sehingga kata gagal tidak ada dalam kamus mereka. Akan tetapi, memikirkan penanganan saat bisnis anda mengalami keterpurukan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Meskipun tidak ingin terpuruk, namun mencegah tentunya lebih baik bukan.


Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...