Senin, 19 November 2018

Hal - Hal Yang Menyebabkan Produk Tidak Laku | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN BABY SHOP

TERPECAYA, +62 813-9864-6177, HAL - HAL YANG MENYEBABKAN PRODUK TIDAK LAKU


Kenapa Produk Tidak Laku, Alasan Produk Tidak Laku, Produk Tidak laku diPasaran, Produk Baby Shop Yang Tidak Laku, Jika Produk Tidak Laku, Solusi Barang Tidak Laku, Penyebab Barang Tidak Laku, Baby Shop Jawa Timur, Konsultan Baby Shop Surabaya, Konsultan Baby Shop Sidoarjo


HAL - HAL YANG MENYEBABKAN PRODUK TIDAK LAKU - Produk adalah faktor utama yang harus diperhatikan ketika Anda mengembangkan sebuah bisnis. Tercapainya target penjualan suatu produk adalah tujuan utama dalam menjalankan bisnis. Namun, hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada banyak faktor yang membuat produk yang Anda jual menjadi tidak laku di pasaran. Faktor internal dan eksternal sangat memengaruhi laku tidaknya sebuah produk bisnis. Jika 2 faktor tersebut tidak segera di identifikasi dan tidak dicari solusinya, perkembangan bisnis Anda akan terancam.


Berikut faktor penyebab produk tidak laku dijual dan solusi mengatasinya :
Faktor Internal
a.Kurangnya perencanaan strategi pemasaran
Perencanaan yang kurang dalam menentukan strategi pemasaran, merupakan hal yang dapat menyebabkan produk tidak laku dijual. Hal ini sering dilewatkan para pebisnis. Padahal, perencanaan strategi pemasaran merupakan hal pokok yang harus dilakukan sebelum Anda memulai bisnis. Solusinya adalah ketika Anda merencanakan strategi pemasaran, usahakan strategi tersebut berorientasi pada konsumen. Sehingga tercapai tujuan sebuah bisnis yaitu produk laku terjual.
b.Target Pasar yang Lebar
Target pasar yang terlalu lebar dapat menyebabkan produk Anda tidak laku dijual. Karena fokus Anda akan terpecah ke semua golongan masyarakat dalam memasarkan produk. Hal ini, sering terjadi karena sebagian pebisnis menginginkan perolehan keuntungan yang sebesar-besarnya. Solusinya adalah Anda perlu membuat target pasar prioritas. Agar strategi pemasaran yang Anda susun terfokus dan tepat sasaran.
c.Kurangnya Jumlah Pemasok Bahan Baku
Ketika produk yang Anda tawarkan laku keras, pasti akan berdampak pada kekurangan pasokan bahan baku. Ini bisa mengakibatkan produk yang Anda jual tidak laku. Karena kualitas produk Anda menurun akibat bergantinya pemasok bahan baku produk dengan kualitas rendah akibat lonjakan penjualan. Solusinya adalah Anda harus membuat list jumlah pemasok bahan baku produk yang mencukupi. Hal ini untuk menghindari Anda kekurangan bahan baku produk ketika terjadi lonjakan penjualan.
d.Harga yang Terlalu Mahal
Harga menjadi salah satu faktor produk tidak laku dijual. Kesalahan dalam penentuan harga produk sering dilakukan para pebisnis, terutama pebisnis pemula. Pada era ini, konsumen cerdas pasti akan membandingkan produk yang akan dibelinya. Terkadang produk dengan kualiatas hampir sama tetapi terjadi selisih harga yang lumayan tinggi akan membuat konsumen berpaling. Solusinya adalah Anda harus melakukan survei harga kompetitor Anda yang menjual produk sejenis. Lakukanlah survei terhadap beberapa kompetitor di wilayah Anda akan memasarkan produk.
e.Perencanaan Finansial yang Kurang Matang
Finansial merupakan hal paling krusial dalam bisnis, karena awal tumbuh dan bergeraknya suatu bisnis ada di finansial. Perencanaan finansial sering dikesampingkan, di mana para pebisnis hanya menyiapkan dana saja tanpa ada perencanaan yang matang. Sehingga, banyak bisnis yang gulung tikar akibat dana yang ada habis sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal. Solusinya adalah rancang finansial bisnis Anda dengan rapi, detail, dan matang. Buatlah perencanaan dengan sebaik-baiknya dan laksanakan apa yang telah Anda rencanakan.

Faktor Eksternal
a. Pesaingan Antar Kompetitor
Persaingan di dunia bisnis memang tidak bisa dihindari, apalagi persaingan antara kompetitor produk sejenis. Jika Anda tidak dapat mencari solusi dari kendala ini, dapat dipastikan produk Anda akan tertinggal dan tidak laku di jual. Solusinya adalah temukan dan bangunlah sesuatu citra unik dari produk Anda. Angkat keunikan itu menjadi suatu kelebihan produk Anda dari produk sejenis lainnya.
b.Sumber Daya Manusia yang Rendah
Meskipun produk yang Anda jual berkualitas bagus dan unggul dari produk sejenis lain, tanpa dukungan sumber daya manusia yang baik akan sia-sia. Dukungan sumber daya manusia dalam sebuah bisnis jika dipresentasekan mungkin 70%. Tanpa ada  tim produksi, tim pengemasan, tim distribusi, dan tim pemasaran yang baik produk Anda tidak akan laku dijual. Solusinya carilah sumber daya manusia yang berkualiatas. Cobalah untuk selalu lakukan pelatihan kepada tiap pegawai dan selalu ada evaluasi tiap minggunya.

PENYEBAB PRODUK TIDAK LAKU :
1.Terlalu Mahal
Harga menjadi salah satu poin utama yang dipertimbangkan oleh konsumen. Memang dengan mematok harga tinggi, tentu margin keuntungan bisnis anda menjadi lebih besar. Namun dampaknya adalah volume penjualan yang lebih sedikit karena jumlah konsumen yang rendah. Jika produk anda masih kurang laku, maka penurunan harga jual patut anda pertimbangkan.
2.Kurang Promosi
Meskipun produk usaha anda sangat bagus, namun bila hanya sedikit orang yang mengetahuinya, maka omzet penjualan anda takkan menunjukkan peningkatan. Oleh karena itu, kegiatan pengenalan produk (advertising) menjadi bagian penting dalam marketing bisnis anda. Anda bisa memilih berbagai media promosi (periklanan) yang umum dilakukan oleh para pengusaha, seperti televisi, surat kabar, brosur, spanduk, pamflet, atau lewat media online.
3.Kalah Bersaing
Hal lain yang menjadi penyebab kurang gregetnya penjualan produk usaha anda adalah karena tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dari para kompetitor. Mungkin kualitas produk anda sangat rendah, mungkin produk anda tidak memiliki sesuatu yang istimewa, atau mungkin juga strategi penjualan anda tidak sehebat para pesaing anda. Jadi coba cermati bagaimana cara para kompetitor mengungguli bisnis anda.
4.Produk Kurang Jelas
Kurangnya informasi yang mendetail serta minimnya pemahaman konsumen terhadap produk yang anda tawarkan bisa menjadi faktor penyebab rendahnya volume penjualan. Mungkin para konsumen kurang tertarik dengan produk anda karena tidak mempunyai gambaran yang jelas.
Oleh karena itu, anda harus memberi informasi yang jelas dan edukasi yang benar kepada para konsumen tentang produk usaha anda, baik yang menyangkut fungsi produk, cara pakai, manfaat yang didapat, harga jual dan sebagainya. Informasi tersebut bisa disampaikan saat melakukan promosi, advertising, atau dicantumkan pada kemasannya.
5.Proses Transaksi yang Rumit
Sesuatu yang rumit biasanya akan selalu ditinggalkan orang. Misalnya transaksi online cenderung masih rendah karena prosesnya yang sulit terutama bagi kalangan menengah ke bawah. Oleh karena itu, upayakan agar proses transaksi (jual-beli) yang dilakukan konsumen lebih simpel.
6.Jalur Penjualan yang Minim
Bagaimana cara anda menjual produk bisnis anda? Lewat toko, jemput bola, menggunakan bantuan agen, atau juga melalui media internet? Semakin banyak cara yang anda tempuh, tentu akan membuat peluang penjualan produk menjadi lebih besar. Jika hanya mengandalkan satu cara, bahkan caranya masih kurang efektif, maka dipastikan produk tersebut kurang laku di pasaran.
7.Belum Memiliki Pangsa Pasar
Walaupun produk yang anda tawarkan sangat menarik dan istimewa, namun jika pangsa pasarnya belum ada, maka dijamin tidak akan laku. Misalnya anda membuka usaha laundry di suatu wilayah pedesaan, dan ternyata masyarakat di sana lebih senang mencuci di sungai, maka produk jasa anda tidak akan laku. Oleh karena itu, mencermati pangsa pasar dan segmennya pada suatu wilayah adalah hal yang wajib dilakukan sebelum memutuskan memulai usaha.
8.Citra Usaha yang Buruk
Hal lain yang menyebabkan sebuah produk kurang laku di pasaran adalah image buruk yang melekat pada produk ataupun perusahaan yang memproduksinya. Misalnya penjualan mobil merek X atau kosmetik A sangat rendah karena faktor keamanannya masih diragukan konsumen. Maka para pebisnis wajib membangun citra yang bagus, baik yang menyangkut kualitas produknya atau pun kredibilatas perusahaannya.
9.Services yang Tidak Memuaskan
Sebagai ujung tombak bagi bisnis anda, maka penempatan personalia pada bagian pemasaran dan pelayanan konsumen (customer service) harus dilakukan dengan cermat. Bila konsumen merasa kurang puas dengan service yang diberikan oleh perusahaan anda, maka lambat laun produk usaha anda akan menghadapi masa paceklik.
10.Salah Sasaran
Hal terakhir yang menyebabkan lesunya penjualan produk usaha anda adalah karena salah sasaran, misalnya segmen yang diincar tidak sesuai dengan fungsi produk atau target wilayah pemasaran tidak membutuhkan produk yang anda tawarkan. Jika anda menjual pakaian seksi (misal rok mini), manakah sasaran yang lebih prospektif: remaja gaul atau remaja pesantren? Tentu anda dapat menjawabnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...