Rabu, 21 November 2018

Cara Agar Pelanggan Mau Balik Lagi | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN BABY SHOP

TERPECAYA, +62 813-9864-6177, CARA AGAR PELANGGAN MAU BALIK LAGI


Pelayanan Bisnis, Konsultan Marketing, Management Consulting, Jasa Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Bisnis Di Surabaya, Bisnis Surabaya, Bisnis Di Surabaya, Baby Shop Surabaya, Konsultan Bisnis Jawa Timur, Baby Shop Di Sidoarjo 


CARA AGAR PELANGGAN MAU BALIK LAGI - Mempunyai pelanggan setia sangatlah penting untuk mendapatkan pemasukan jangka panjang serta menekan biaya pemasaran sebuah perusahaan. Untuk menarik pelanggan setia, anda perlu menyediakan produk dan jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah. Bahkan bukan sekedar memenuhi kebutuhannya, anda juga perlu meningkatkan pengalaman dan pelayanan agar pelanggan anda semakin puas. Untuk membuat pelanggan puas dan selalu kembali belanja ke bisnis Anda, dibutuhkan suatu usaha yang sungguh-sungguh. Ingat, apa yang anda tabur, akan anda tuai juga.


Konsumen baru jelas memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pemilik bisnis maupun sales representative sebab hal itu menandakan bahwa barang atau jasa yang ditawarkan mampu menarik perhatian dan mendatangkan uang. Meski demikian, mengandalkan pembeli baru tidaklah cukup sebab Anda pastinya mengharapkan agar mereka kembali datang dan berlangganan hingga bertahun-tahun mendatang. Pelanggan setia bagaikan “darah” yang terus mengalir dan dibutuhkan untuk kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Para pebisnis tentunya menyadari akan lebih mudah dan cepat menjual produk maupun jasa kepada seseorang yang telah memiliki kesan baik sebelumnya, bukan? Pentingnya kehadiran pelanggan tetap membuat banyak pemilik badan usaha berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankannya. Lalu, seperti apa langkah yang wajib diperhatikan pebisnis profesional agar konsumen kembali melakukan pembelian?

Berikut ini cara agar pelanggan mau balik lagi :

1. Kenali kebutuhan pelanggan
Apa yang sebenarnya diinginkan para pelanggan Anda? Peningkatan kualitas produk, infrastruktur ruangan yang harus ditambah, pelayanan yang lebih baik, atau yang lainnya? Untuk mengumpulkan informasi tersebut, anda dapat menanyakannya secara langsung dalam suasana yang santai (agar pelanggan tidak merasa seperti sedang diinterogasi), mendengarkan “curhat” pelanggan mengenai kualitas yang mereka inginkan dari bisnis Anda, atau keep in touch melalui telepon, e-mail, Whatsapp, dan sebagainya. Jangan pernah memotong pembicaraan saat mereka tengah bercerita, karena hal ini tentu akan membuat mereka merasa tidak dihormati dan tidak sungguh-sungguh didengarkan. Berikan perhatian yang lebih kepada pelanggan dan jangan terlalu judes atau berilah senyuman kepada pelangan.

2. Berikan bonus pada pelanggan
Umumnya, pelanggan akan merasa senang jika menerima bonus. Apalagi, “Indonesian customers”. Anda harus senantiasa berpikir dan mengembangkan sistem bonus kepada pelanggan secara kreatif. Misalnya, 5 kali belanja, dapat 1 bonus "baju bayi cantik" (pikirkan barang/jasa yang menarik dan bermanfaat bagi pelanggan anda, agar mereka menginginkan bonus tersebut). Gunakan sistem yang membuat pelanggan mengejar bonus yang ada, sehingga mereka akan kembali dan kembali lagi. Misalnya, jika pelanggan berhasil mengumpulkan 10 kupon (yang didapat jika ia berbelanja sebesar minimal tertentu), ia akan mendapatkan sebuah bonus. Hal ini akan mendatangkan pelanggan setia, karena pelanggan akan mengunpulkan kupon untuk mendapatkan bonusnya.

3. Berikan garansi
Setiap pelanggan pasti mengingini jaminan/kepastian, karena itu, mereka biasanya mencari barang atau jasa yang mempunyai garansi. Garansi adalah jaminan bahwa barang atau jasa Anda memiliki kualitas yang bagus. Berikan garansi untuk barang dan jasa yang Anda jual dengan jangka waktu tertentu yang wajar sesuai bentuk/sifat dari barang/jasa itu. Jika barang dan jasa anda mempunyai kualitas yang baik mengapa takut memberi garansi? Apalagi, garansi akan membuat pelanggan semakin loyal kepada bisnis Anda.

4. Lakukan pembulatan harga ke bawah
Pembulatan ke bawah berarti mengurangi harga yang harus dibayar oleh pelanggan anda menuju satuan harga genap yang terdekat. Sebagai contoh, harga produk Anda adalah Rp. 25.475, maka anda bisa menggenapkannya ke bawah menjadi Rp. 25.400, atau mungkin dibulatkan hingga menjadi Rp. 25.000 saja. Lalu pastikan pelanggan tahu bahwa harga yang mereka harus bayarkan telah dibulatkan ke bawah, misalnya dengan mencantumkannya di bon. Secara psikologis, hal ini membuat pelanggan merasa telah melakukan sebuah transaksi yang menguntungkan. Dan secara otomotis pelanggan akan ingat pada toko atau bisnis Anda, sehingga mereka akan kembali.

5. Perhatikan hal-hal kecil
Semua pelanggan suka diperhatikan, apalagi jika mereka menerima perhatian yang bersifat personal dan berarti. Berikut ini adalah beberapa contoh perhatian kecil untuk pelanggan Anda:
a.Catat nama dan tanggal ulang tahun pelanggan. Saat ia berulang tahun, berikan ucapan selamat ulang tahun melalui email, sms atau kartu ucapan
b.Berikan hadiah-hadiah kecil kepada anak-anak pelanggan, misalnya 1 permen ekstra atau 1 buah balon
c.Sediakan beberapa kursi untuk pelanggan yang usia lanjut supaya mereka tidak perlu berdiri lama
d.Sediakan beberapa toilet yang bersih
e.Menawarkan toilet pribadi di belakang

6. Gunakan bahasa yang dimengerti oleh kalangan umum
Jangan gunakan berbagai istilah bisnis yang tidak dipahami oleh kalangan umum, seperti "Anda mau pakai COD atau installment?". sederhanakan bahasa anda dalam proses komunikasi dengan pelanggan. Mereka tidak peduli dengan istilah internal perusahaan Anda, apalagi jika hanya Anda dan tim Anda yang mengerti. Mereka hanya ingin memahami produk yang mereka beli, lalu menikmatinya.

7. Bangun komunikasi secara teratur dengan pelanggan Anda
Secara teratur, jaga hubungan dan komunikasi dengan berbagai media seperti email, Whatsapp atau bahkan melalui telepon langsung untuk menanyakan kabar. Pastikan juga Anda secara rutin memberikan suatu manfaat kepada mereka, tanpa harus terkait dengan usaha-usaha Anda untuk mempromosikan bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat mengirimkan berbagai artikel yang bermanfaat untuk bisnis pelanggan Anda, setiap bulan. Ini akan membuat pelanggan merasa diperhatikan secara tulus, karena Anda tidak hanya menghubungi mereka untuk mendapatkan keuntungan atau promosi saja.

8. Biarkan pelanggan mengetahui info bisnis
Jika ingin dicintai pelanggan, maka Anda harus memperkenalkan diri serta memperkenalkan bisnis yang dijalani.Biarkan pelanggan mengetahui informasi secara lengkap mengenai bisnis Anda. Pastikan pelanggan memiliki akses untuk informasi ini, misalnya dengan melatih seluruh staf Anda menjawab berbagai hal mengenai barang atau jasa yang dijual, membangun suatu situs Internet, dll.

9. Berikan diskon
Memberikan potongan harga di awal merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian para pelanggan. Namun, seringkali setelah tak ada potongan harga lagi, pelanggan pun ikut lenyap. Agar tak terjadi seperti itu, Anda disarankan untuk tetap memanjakan pelanggan dengan memberikan diskon. Misalnya, dengan membuat kartu diskon untuk pelanggan setia (dengan program membership). Jadi, pelanggan tertarik untuk menjadi “pelanggan setia” itu, demi program diskon yang hanya diberikan kepada member itu.

10. Dengarkan dan tindak lanjuti keluhan pelanggan
Setiap keluhan pelanggan harus didengarkan, ditampung/dicatat dan ditindak lanjuti. Ini untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Selain itu, bagi bisnis Anda sendiri, bagaimanapun keluhan/kritik/saran pelanggan adalah masukan yang berguna untuk perbaikan kualitas bisnis Anda. Jangan mudah tersinggung pada apa yang dikatakan pelanggan. Siapkan satu buku catatan yang mencatat seluruh keluhan dan kekesalan pelanggan Anda, bahas catatan keluhan tersebut dengan seluruh staf Anda, pastikan setiap keluhan ditindak lanjuti, dan perbaiki segera bisnis Anda berdasarkan masukan tersebut.

11. Berani tampil beda
Mungkin saja pesaing Anda, atau bahkan mayoritas bisnis serupa, menawarkan produk atau layanan tertentu. Namun jangan sekedar ikut-ikutan, Anda perlu menciptakan sesuatu yang bisa membedakan perusahaan Anda dari mereka. Desain yang simpel, logo yang mudah dikenali, strategi marketing yang inovatif, atau produk dengan beberapa fitur tambahan akan membuat pelanggan mengingat perusahaan dan membuat mereka kembali kepada Anda.
dengan para pelanggan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...