Kamis, 03 Januari 2019

Alasan Harus Menggunakan Produk Lokal | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN BABY SHOP

AHLINYA, +62  813-9864-6177, ALASAN HARUS MENGGUNAKAN PRODUK LOKAL

Produk Lokal Adalah, Produk Lokal Terbaik, Produk Lokal yang Mendunia, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta




Alasan Harus Menggunakan Produk Lokal - Produk lokal adalah produk yang berasal dari dalam negeri dan di buat sendiri oleh anak anak bangsa. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, negara kepulauan yang menghubungkan dari Sabang sampai Merauke. Dari pulau–pulau tersebutlah menghasilkan banyak sumber daya alam karena di setiap pulau berbeda akan kekayaan sumber daya alamnya. Namun, penyebaran penduduk di Indonesia belum merata khususnya di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Papua, penduduknya tidak sepadat di Jawa. Program transmigrasi pun banyak dilakukan oleh pihak pemerintah untuk masyarakatnya, guna untuk pemerataan penduduk.



Hasil atau produk Indonesia pun sebenarnya kaya dan menghasilkan produk–produk yang berkualitas. Tentu yang seharusnya produk Indonesia itu menjadi tuan rumahnya di negeri sendiri. Namun, banyaknya monopoli dunia, produk luar negeri lebih memegang peranan pasar sehingga menjadikan minat masyarakat cenderung ke produk luar negeri.

Indonesia mengalami kendala mengenai produk dalam negeri yang kalah saing dengan luar negeri yang seharusnya bisa menjadi tuan rumah Indonesia yaitu kurangnya kesadaran masyarakat tentang pemakaian produk lokal karena kebanyakan dari masyarakat Indonesia lebih banyak mengkonsumsi atau menggunakan produk luar daripada dalam. Serta gaya mewah yang terjadi apabila memakai produk luar. Yang terjadi di Indonesia, apabila memakai produk luar itu berkesan elegan dan mewah karena harganya yang cenderung lebih tinggi dan kualitas yang dijanjikan telah bagus dan menyebar di seluruh dunia.

Penyebab Indonesia harus mengembangkan produk lokal agar memungkinkan menjadi tuan rumah Indonesia yaitu Indonesia tergerak untuk ikut maju bersama dengan negara maju lainnya. Seharusnya kita harus sebagai warga negara Indonesua harus bangkit dan bangga dengan produk lokal yang berkualitas dan menjadi tuan rumah untuk negerinya sendiri sehingga mempunyai rasa kecintaan tersendiri bagi Indonesia. Selain itu, Indonesia juga memerlukan bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan usaha produk lokalnya agar bias menarik minat masyarakat dan kesadaran cinta tanah air.

Permasalahan tentang kurangnya minat masyarakat Indonesia dalam membeli produk anak bangsa bukan semata-mata disebabkan oleh kecintaan kami pada merek luar negeri melainkan karena kurangnya perhatian produsen terhadap keinginan konsumen, tidak memberikan barang yang bermutu, tidak menyediakan layanan purna jual, serta kurang mampu mengemas, menjual, produk yang baik. Produk buatan Indonesia yang dijual di dalam negeri sering bermutu rendah dibandingkan dengan yang dijual di luar negeri.

1.Ramah lingkungan

Alasan produk lokal bikin menarik adalah penggunaan material yang cenderung ramah lingkungan atau memanfaatkan kembali barang-barang yang tidak terpakai. Salah satu jenama lokal yang memproduksi material ramah lingkungan dilakukan oleh Ruaya.

Jenama asal Yogyakarta, Jawa Tengah ini, memiliki ragam produk unik sesuai kebutuhan dengan bahan dasar kayu. Dody Andri, penggagas Ruaya, membuat speaker (pengeras suara) tanpa listrik yang memanfaatkan resonansi alami yang dikeluarkan dari kayu. Tak hanya menggunakan bahan ramah lingkungan, produk ini pun hemat energi.

Selain pengeras suara dari kayu, Ruaya juga membuat tas kayu, Ruaya Marabunta. Tas selempang ini terbuat dari bahan kayu berkualitas yang dikombinasikan dengan kulit sapi. Tas ini cocok untuk wanita Indonesia yang ingin tampil beda dengan desain tas yang unik

2.Membantu merawat Indonesia

Tidak sedikit bentuk budaya Indonesia yang diaplikasikan pada kerajinan tangan atau produk lokal, sebut saja motif tenun ikat, lurik, dan tentunya batik. Motif-motif tersebut kini tak hanya bisa dijumpai dalam bentuk kain atau pakaian jadi, tapi juga dapat ditemukan pada produk tas, ikat rambut, taplak meja, hingga gorden.

Kini, kreativitas para pengrajin lokal muda kerap melahirkan terobosan-terobosan baru, misalnya saja produk casing (cangkang) ponsel yang terbuat dari kayu dengan ukiran motif batik di atasnya. Selain berfungsi untuk melindungi ponsel, casing batik dari Batik Geek juga membuat pemilik ponsel terlihat gaya dengan sentuhan tradisional yang dikemas secara modern.

Tak hanya batik, melalui produk Sepiring Indonesia Anda juga bisa melihat cerminan budaya dan masyarakat lokal Indonesia yang dituangkan dalam produk piring, gelas, mug, notebook, tas kulit kanvas, aksesori, serta dekorasi rumah. Dengan semakin banyaknya motif-motif tradisional yang dikemas secara modern diharapkan konsumen Tanah Air akan memiliki kebanggaan tersendiri setiap kali menggunakannya.

3.Membantu menciptakan lapangan pekerjaan

Menggunakan produk lokal juga berarti membantu menciptakan lapangan pekerjaan dalam tataran usaha kecil menengah. Sebanyak 15.959.590 tenaga kerja Indonesia bekerja pada sektor ekonomi kreatif. Dengan kata lain, 13,90 persen tenaga kerja ada di industri ini, dan menghasilkan nilai ekspor hingga US$19.364,1 juta pada 2015.

4.Mendukung pertumbuhan ekonomi nasional

Dengan menggunakan produk lokal Anda turut berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada 2015, ekonomi kreatif (ekraf) menyumbang 7,34 persen pemasukan dari total PDB nasional. Artinya, semakin banyak orang yang mengonsumsi produk lokal maka pertumbuhan ekraf yang rata-rata per tahun sebesar 5,46 persen bisa meningkat dan menyumbangkan nilai yang lebih besar lagi dalam angka total PDB nasional.

Bagi Anda yang penasaran dengan produk-produk ramah lingkungan yang kental dengan nuansa lokal dari para pengrajin di berbagai daerah bisa mengunjungi tautan ini untuk melihat koleksi produk yang tersedia.
Baca Juga : TRIK MENDESAIN TOKO DENGAN BIAYA MURAH



Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BABY SHOP MAHIR, +62 813 – 9864 – 6177, Waspada! Posisi Supermarket Terancam Minimarket Konsultan, Konsultan Ritel, Manajeme...